Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anggaran Susut, Konsumen Lebih Memilih Belanja Online di Akhir Tahun

Di tengah penurunan anggaran belanja akhir tahun sebagai imbas dari pandemi, konsumen diperkirakan akan lebih memilih berbelanja secara daring.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  12:10 WIB
Perubahan yang paling terlihat adalah kegiatan usaha atau bisnis. Pemasaran dan penjualan yang biasanya dilakukan secara konvensional saat ini dilakukan melalui berbagai saluran digital, seperti media sosial dan aplikasi belanja online.  - IM2
Perubahan yang paling terlihat adalah kegiatan usaha atau bisnis. Pemasaran dan penjualan yang biasanya dilakukan secara konvensional saat ini dilakukan melalui berbagai saluran digital, seperti media sosial dan aplikasi belanja online. - IM2

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah penurunan anggaran belanja akhir tahun sebagai imbas dari pandemi, konsumen diperkirakan akan lebih memilih berbelanja secara daring.

Riset oleh SurveySensum terhadap 500 responden di 5 kota besar menunjukkan adanya peningkatan data seluler 48 persen. Layanan berlangganan meningkat 29 persen. Selain itu, donasi dan kegiatan game online juga meningkat 26 persen. Peningkatan pada layanan e-learning juga terjadi sebesar 23 persen, serta kategori gadget elektronik mengalami peningkatan 18 persen.

“Konsumen memiliki kekhawatiran yang kuat terhadap berbelanja di dalam toko,” ungkap Rajiv Lamba, CEO SurveySensum & NeuroSensum, dikutip dari keterangan resmi riset 2020 Holiday Shopping Trends Report, Rabu (23/12/2020).

Riset menunjukkan sekitar 81 persen konsumen lebih suka berbelanja daring untuk menghindari keramaian. Selain itu 58 persen di antaranya mengemukakan bahwa mereka lebih memilih berbelanja secara online karena takut akan Covid-19.

Ketika berbicara mengenai kemungkinan kembali berbelanja seperti sebelum pandemi, 50 persen dari mereka merasa akan kembali melanjutkan rutinitas belanja dengan normal setelah memperoleh vaksin.

Bukan itu saja, 43 persen responden SurveySensum mengungkapkam sejumlah pertimbangan lebih memilih belanja secara daring. Alasan-alasan tersebut antara lain faktor keamanan, kenyamanan, harga yang lebih murah, dan tawaran biaya pengiriman yang digratiskan.

“Inilah yang membuat digital channel semakin digemari konsumen untuk berbelanja di musim liburan, sehingga industri e-commerce pun akan meraup peningkatan yang besar,” lanjut Rajiv.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja online anggaran belanja
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top