Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tutup Tahun, Tol Bogor Ring Road Ruas Simpang Yasmin-Semplak Beroperasi

Perusahaan memastikan Ruas Simpang Yasmin - Simpang Semplak aman untuk dilintasi oleh pengguna jalan selama pemberlakuan fungsional.
Sejumlah kendaraan melintas di tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/1/2020)./ ANTARA - Arif Firmansyah
Sejumlah kendaraan melintas di tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/1/2020)./ ANTARA - Arif Firmansyah

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A Ruas Simpang Yasmin - Simpang Semplak dipastikan beroperasi fungsional pada sejak 23 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021. Pengoperasian ruas tol itu sebagai upaya kepadatan lalu lintas pada akhir tahun.

Dedi Krisnariawan Sunoto Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) mengatakan, mendekati libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021, perseroan berkoordinasi dengan kontraktor pelaksana PT Pembangunan Perumahan (PP) guna memastikan Ruas Simpang Yasmin - Simpang Semplak aman untuk dilintasi oleh pengguna jalan selama pemberlakuan fungsional.

"Kami telah bersiap dengan melakukan pembersihan dan pemeriksaan kembali sepanjang Simpang Yasmin sampai dengan Simpang Semplak sebelum akan diberlakukan fungsional pada tanggal 23 Desember 2020 nanti, dengan melakukan pembersihan material serta alat kerja. Kami juga tetap memperhatikan protokol Covid-19," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (19/12/2020).

Sekadar catatan, PT Marga Sarana Jabar (MSJ) merupakan anak usaha PT Jasa Marga Tbk., yang menjadi pengelola jalan tol BORR. Secara keseluruhan, pembangunan jalan tol BORR dibagi menjadi sejumlah seksi dengan panjang total sekitar 13,25 Km.

Jalan tol ini dibagi dalam tiga seksi yakni Seksi 1 Sentul—Kedung Halang sepanjang 3,70 km, Seksi 2A Kedung Halang—Kedung Badak sepanjang 1,55 km, Seksi 2B Kedung Badak—Simpang Yasmin sepanjang 2,65 km, Seksi 3A Simpang Yasmin—Simpang Semplak, sepanjang 2,85 km, dan Seksi 3B Semplak—Junction Salabenda sepanjang 2,5 km

Seksi 3A dengan panjang 2,85 km merupakan jalan tol layang (elevated toll road) yang menghubungkan Sentul–Salabenda, sebagai bagian rangkaian pembangunan dari seksi sebelumnya melalui wilayah Sentul Selatan, Kedung Halang, Kedung Badak, Simpang Yasmin dan Simpang Semplak.

Dedi menambahkan dengan dioperasikannya secara fungsional, dapat menjadi langkah antisipasi kepadatan pada saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. PT MSJ, katanya, juga telah melakukan perbaikan jalan arteri sepanjang jalan KH Sholeh Iskandar yang dilalui proyek, sebagai bentuk tanggung jawab sosial PT MSJ terhadap pemeliharaan jalan selama pembangunan Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi IIIA.

“PT MSJ bersama Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan memastikan kecukupan saldo e-toll sebelum perjalanan, serta mengimbau kepada masyarakat agar mengikuti instruksi pemerintah untuk tetap di rumah saja selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 guna memutus rantai penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper