Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Bahas Strategi Rantai Pasok Dingin Produk Perikanan

Kemenko Marves membahas langkah strategis untuk mengoptimalkan sistem rantai pasok dingin untuk produk kelautan dan perikanan Indonesia.
Karyawan menata ikan segar yang di pajang di salah satu super market di Jakarta, Rabu (9/9/2020). Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan menata ikan segar yang di pajang di salah satu super market di Jakarta, Rabu (9/9/2020). Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Kemenko Marves menggelar rapat koordinasi untuk mengoptimalkan sistem rantai pasok dingin (cold supply chain) produk kelautan dan perikanan Indonesia.

Deputi Bidang Sumber Daya Maritim Kemenko Marves Safri Burhanuddin mengatakan rakor tersebut membahas langkah strategis guna menciptakan keterpaduan antara sentra produksi kelautan dan perikanan dengan infrastruktur konektivitas yang menghubungkan titik-titik vital khususnya di wilayah Timur Indonesia.

“Jadi kita baru saja mengadakan rakor mengenai cold supply chain. Dalam hal ini, bagaimana produk kelautan dan perikanan untuk mempertahankan kualitas dan mutu produk tersebut dari mulai ditangkap/panen dibutuhkan penyimpanan pada suhu 0°C dan untuk penyimpanan lebih lama dengan pembekuan dibutuhkan suhu yang lebih dingin lagi,” kata Deputi Safri dalam siaran pers, Jumat (18/12/2020).

Dia menambahkan sistem rantai pasok dingin ini selanjutnya adalah sistem supply yang prosesnya bertujuan untuk menjaga suhu agar tetap terjaga selama proses pengumpulan, pengolahan, dan distribusi hingga ke konsumen.

Selanjutnya, Asisten Deputi (Asdep) Peningkatan Daya Saing Kemenko Marves Dedy Miharja menjelaskan adapun dalam rakor ini menghasilkan suatu keputusan antara lain memperkuat pelaksanaan RPJMN 2020-2024 sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 18/2020.

“Pelaksanaan RPJMN 2020-2024 diperkuat dengan penyusunan 41 Major Project 2020-2024 untuk memperkuat fokus dan pengendalian program dengan major project memuat proyek-proyek strategis yang terintegrasi dengan melibatkan K/L,” ujar Asdep Dedy.

Selain itu, mengenai perbaikan sistem pasok rantai dingin pada sisi hilir perikanan, lanjut Asdep Dedy, mempunyai peranan penting dalam perbaikan pengelolaan hulu-hilir perikanan di Indonesia serta sistem pasok rantai dingin berperan penting untuk meningkatkan kualitas dan mengurangi losses produk perikanan Indonesia serta perlunya dukungan lintas sektor dan sinergi antara pemerintah swasta dan masyarakat di dalam pengembangannya.

Dia berpendapat kunci daya saing logistik rantai pendingin adalah stabilitas pasokan harga, pemenuhan kapasitas angkut, kelancaran, akurasi, efisiensi, kecepatan, daya saing dan efisiensi.

“Intinya pertemuan ini dimaksudkan untuk mengindentifikasi kendala sesungguhnya yang ada di lapangan, dan menentukan prioritas dan langkah solusi terbaik dengan melibatkan semua K/L yang terkait,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper