Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INKA Ekspor Perdana Lokomotif dan Kereta ke Filipina

PT Industri Kereta Api (INKA) mengapalkan lokomotif dan kereta ke Filipina, Sabtu (12/12/2020), sebagai komitmen kontrak senilai US$26 juta dengan Philippine National Railways pada 28 Mei 2018 di Manila.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 14 Desember 2020  |  19:50 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberi kata sambutan pada acara pengapalan perdana lokomotif dan kereta penumpang ke Filipina, Sabtu (12/12/2020).  - INKA
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberi kata sambutan pada acara pengapalan perdana lokomotif dan kereta penumpang ke Filipina, Sabtu (12/12/2020). - INKA

Bisnis.com, JAKARTA - PT Industri Kereta Api (INKA) mengapalkan lokomotif dan kereta ke Filipina, Sabtu (12/12/2020), sebagai komitmen kontrak senilai US$26 juta dengan Philippine National Railways pada 28 Mei 2018 di Manila.

Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro mengatakan pengapalan ke Filipina itu merupakan ekspor perdana lokomotif produksi anak bangsa, setelah ekspor 2 train set diesel multiple unit (DMU) senilai US$9,7 juta (Rp136 miliar) pada Desember 2019, dan 4 trainset diesel multiple unit (DMU) senilai US$21,4 juta (Rp301 miliar) pada Februari 2020.

"Ekspor kali ini merupakan ekspor perdana untuk jenis produk lokomotif produksi anak bangsa," katanya dalam keterangan pers, Senin (14/12/2020).

Pengapalan ke Filipina mencakup 3 lokomotif dan 15 kereta penumpang. Ekspor kali ini merupakan kelanjutan dari kontrak pengadaan senilai US$26 juta atau sekitar Rp360 miliar yang ditandatangani oleh General Manager Philippine National Railways, Junn B. Magno dengan Direktur Utama PT INKA (Persero), Budi Noviantoro pada 28 Mei 2018 di Manila.

Budi Noviantoro mengatakan ekspor lokomotif ke Filipina ini merupakan implementasi BUMN Go Global yang selama ini telah dilakukan oleh PT INKA (Persero) melalui ekspor produk-produk kereta api keluar negeri juga menjadi bukti keberlangsungan BUMN di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Pengapalan lokomotif dan kereta penumpang ke Filipina dilakukan melalui Dermaga Jamrud, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Sabtu (12/12/2020). Turut menyaksikan pengapalan di antaranya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier, Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan sekaligus Komisaris Utama PT INKA (Persero) Gede Pasek Suardika, dan Dewan Komisaris dan Direksi PT INKA (Persero).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api pt inka
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top