Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Masa Transisi UU Ciptaker, Ini Saran Menaker Buat Pelaku Usaha dan Pekerja

Pengusaha dan pekerja diminta sama-sama menahan diri dalam mengambil keputusan sepihak pada masa masa transisi menuju penerapan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja tahun depan. 
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 13 Desember 2020  |  18:29 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menggelar telekonferensi dengan para petugas Atase Ketenagakerjaan (Atnaker) perwakilan pejabat RI di sejumlah negara di Kantor Kemenaker, Jakarta, Selasa (4/2/2020). -  ANTARA / Reno Esnir
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menggelar telekonferensi dengan para petugas Atase Ketenagakerjaan (Atnaker) perwakilan pejabat RI di sejumlah negara di Kantor Kemenaker, Jakarta, Selasa (4/2/2020). - ANTARA / Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah menyarankan kepada perusahaan untuk tidak mengambil keputusan secara sepihak meskipun mengalami kesulitan dalam pemenuhan hak-hak pekerja pada masa masa transisi menuju penerapan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja tahun depan. 

Menurut Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dalam kondisi seperti itu perusahaan harus melakukan pembicaraan terlebih dahulu dengan pekerja atau serikat pekerja yang terdapat di perusahaan.

"Saran pemerintah, para pelaku usaha dalam masa pemulihan ekonomi saat ini agar tidak mengabaikan hak dan perlindungan bagi pekerja, dan untuk segala sesuatu yang menjadi kesulitan perusahaan terkait dengan pemenuhan  hak-hak pekerja, hendaknya perusahaan tidak mengambil keputusan secara sepihak," ujar Ida kepada Bisnis.com, Minggu (13/12/2020).

Ida menambahkan saat ini sudah ada ratusan masukan terhadap substansi materi yang disiapkan, baik yang mewakili personal maupun lembaga.

Pemerintah, lanjutnya, akan mengonsolidasikan masukan tersebut untuk kemudian dibahas menjadi rumusan Rancangan Peraturan Pemerintah dengan memerhatikan aspek-aspek yuridis, sosiologis, dan juga ekonomis.

Sementara bagi pekerja, diharapkan tetap fokus serta optimistis dalam meningkatkan produktivitas kerja selama masa pemulihan ekonomi berlangsung.

"Optimisme tersebut akan membantu percepatan pemulihan ekonomi perusahaan yang pada akhirnya akan berdampak positif juga terhadap peningkatan ekonomi pekerja," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transisi cipta kerja
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top