Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

76 Persen KPR BTN Mengalir ke Rumah Bersubsidi

Manajemen Bank BTN mengungkapkan bahwa dari total kredit pemilikan rumah (KPR) yang telah mereka salurkan, sekitar 76 persen ditujukan bagi hunian bersubsidi.
Perumahan bersubsidi / Kementerian PUPR
Perumahan bersubsidi / Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Selama 44 tahun sejak akad krdit pemilihan rumah (KPR) perdana dilakukan di Semarang, Jawa Tengah hingga hari ini, PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk. telah mengucurkan pembiayaan KPR senilai Rp317 triliun yang dinikmati lebih dari 5 juta masyarakat di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Bank BTN Pahala Nugraha Mansury mengatakan sekitar 76 persen dari keseluruhan pembiayaan KPR mengalir ke segmen KPR subsidi, sementara sisanya mengalir ke segmen KPR nonsubsidi.

"Kami menguasai pangsa pasar KPR [baik subsidi maupun nonsubsidi] lebih dari 40 persen. Khusus pada segmen KPR subsidi, secara akumulasi sejak 2010 hingga November 2020 Bank BTN menguasai pangsa pasar sebesar 89%" ujarnya pada HUT ke-44 KPR BTN pada Kamis (10/12/2020).

Dia mengemukakan bahwa besarnya pangsa pasar dan penyaluran KPR subsidi tak lepas dari inovasi dan promosi yang terus dilakukan Bank BTN untuk mendukung skema subsidi yang diputuskan pemerintah yakni Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Bantuan Uang Muka, Subsidi Selisih Bunga (SSB), dan juga KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).

Emiten berkode BBTN ini juga proaktif dalam menyalurkan KPR subsidi dengan menggandeng komunitas seperti tukang cukur dan ojek online.

Untuk segmen KPR nonsubsidi, Bank BTN baru-baru ini meracik program KPR khusus menyesuaikan dengan segmen yang dibidik, misalnya KPR Gaess For Millenials untuk generasi millennial yang ingin berinvestasi atau memiliki rumah pertamanya dan KPR Patriot yang digarap khusus bagi TNI/Polri. 

Selain dengan program KPR khusus, Bank BTN juga makin inovatif di era disrupsi teknologi. Dengan pengembangan fitur-fitur di mobile banking, bank pelat merah ini juga terus meningkatkan performa portal aplikasi KPR online www.btnproperti.co.id dan lelang rumah online di www.rumahmurahbtn.co.id.

“Produk KPR yang kami berikan menyesuaikan dengan segmen masyarakat yang beragam, dan kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Penyediaan Perumahan, Kementerian BUMN yang mendukung Bank BTN sehingga dapat menawarkan produk KPR yang disukai masyarakat,” kata Pahala.

Pada hari istimewa menyambut Hari Ulang Tahun Kredit Perumahan Rakyat (KPR) ke 44 yang jatuh tanggal 10 Desember 2020, Bank BTN mengelar beragam program promosi. 

Promosi tersebut antara lain, suku bunga kredit untuk KPR  mulai 4,44% fixed selama 1 tahun, serta bebas biaya-biaya seperti biaya administrasi, appraisal, provisi dan juga ada tambahan top up tabungan senilai Rp 144.000 hingga Rp 440.000 tergantung besaran plafon yang diterima.

“Promo yang kami gelar, merupakan persembahan bagi masyarakat yang selama ini mempercayai Bank BTN sebagai pilihannya tidak hanya untuk KPR tapi juga menabung,” ucapnya.

Tidak hanya bagi calon debitur, program istimewa dalam rangka HUT KPR tersebut juga dapat dinikmati debitur yang aktif melakukan transaksi  karena Bank BTN bekerjsama dengan sejumlah merchant untuk memberikan diskon, seperti di KFC, Kedai Kopi Excelso dan lain sebagainya.

Selain diskon, juga ada cashback senilai Rp 44.000 bagi nasabah BTN yang bertransaksi di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee. Untuk pengguna e-wallet seperti Linkaja dan Gopay juga mendapatkan promo khusus cashback saldo e-wallet jika melakukan top up menggunakan Bank BTN dan masih banyak lagi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper