Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-Siap, BP-AKR Cari Mitra Bisnis SPBU

Kongsi British Petroleum dengan AKR Corporindo (AKRA) menargetkan memiliki 35 SPBU pada 2021.
Ilustrasi - Bloomberg
Ilustrasi - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Kongsi British Petroleum dengan PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA) atau BP-AKR berencana membuka peluang kepada pengusaha lokal untuk menjadi mitra dalam berbisnis stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Presiden Direktur BP-AKR Peter Molloy menjelaskan, pihaknya dengan berinvestasi dengan BP, maka para pengusaha lokal dapat membangun SPBU BP sendiri. Langkah ini sekaligus memperluas jaringan bisnis bahan bakar minyak (BBM) milik perusahaan.

Pada saat ini, BP-AKR mengembangkan skema investasi dalam bentuk Company Owned Company Operated (COCO). Menurut dia, untuk saat ini konsep tersebut yang masih berjalan paling baik.

"Untuk terus berkembang kami ingin melibatkan lebih banyak pengusaha ke dalam skema bisnis dimana dealer dan pengusaha dapat bermitra dan berinvestasi. Untuk ke depannya, kami akan beralih dari jaringan COCO yang dimiliki sepenuhnya menjadi jaringan yang dioperasikan oleh dealer yang berinvestasi," katanya kepada Bisnis baru-baru ini.

Peter mengatakan, seiring dengan pertumbuhan bisnis, BP-AKR akan melirik peluang di kota-kota lain di Pulau Jawa. Adapun pada saat ini BP-AKR baru beoperasi di di Jabodetabek dan Surabaya.

Sebanyak 12 SPBU BP-AKR telah beroperasi di Jabodetabek dan terdapat 4 SPBU telah beroperasi di Surabaya. Tahun depan, BP-AKR berencana menambah investasi menjadi 35 SPBU.

"Jika sudah tepat waktunya, kami akan pindah dari Pulau Jawa ke pulau lain di Indonesia," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper