Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Kembali Gelar UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 memamerkan lebih dari 400 UMKM yang berorientasi ekspor, terdiri dari kategori fashion, home decor & craft, accessories & beauty dan food & beverage.
UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2020
UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2020

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. kembali menggelar pameran industri kreatif bertajuk UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 mulai 1–15 Desember 2020, dengan puncak acara yang akan berlangsung pada 10–13 Desember 2020.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 memamerkan lebih dari 400 UMKM yang berorientasi ekspor, terdiri dari kategori fesyen, home decor & craft, accessories & beauty dan food & beverage.

Adapun UMKM terpilih yang mengikuti pameran telah melewati serangkaian proses kurasi dari delapan kurator profesional ternama Indonesia.

Selain menjadi bagian dari puncak peringatan HUT ke-125 BRI, pameran tersebut juga menjadi wujud nyata dari upaya perseroan mendorong kebangkitan UMKM di Tanah Air melalui gerakan nasional #BANGGABUATANINDONESIA.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan bahwa peran UMKM di Indonesia sangat penting dalam membangun kekuatan dan menjadi penggerak ekonomi nasional.

Menurutnya, sebagai bank yang memiliki fokus untuk pengembangan sektor UMKM, hingga saat ini BRI telah membina pelaku UMKM untuk mengikuti program naik kelas.

Alasannya, produk kreasi UMKM Indonesia tidak hanya bernilai kreativitas dan ekonomi, tetapi juga memiliki keunggulan kualitas yang dapat menembus pasar global.

"Program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 merupakan salah satu strategi BRI dalam memberdayakan UMKM naik kelas dan mempersiapkan pelaku usaha untuk memasuki pasar global. Kami siap membantu mereka dalam mengekspor produknya,” ujarnya melalui keterangan resmi yang dikutip Selasa (1/12/2020).

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 sendiri bertujuan memberikan wadah dan menampilkan hasil karya produk terbaik UMKM Indonesia, serta mendorong peningkatan daya saing UMKM agar dapat menembus pasar internasional.

Program ini juga merupakan bentuk komitmen BRI, dan menjadi salah satu strategi meningkatkan kapasitas pelaku UMKM untuk perluasan pasar ekspor.

Sunarso menegaskan, meskipun berada di tengah krisis akibat pandemi, BRI terus berkomitmen membantu UMKM agar tetap terhubung dengan pasar dan memperluas jangkauan penjualan produk.

BRI, lanjut dia, mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui sejumlah langkah konkret yang difokuskan kepada upaya pemulihan UMKM dengan menyediakan ekosistem digital.

"Untuk menjangkau buyer internasional UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 dilengkapi dengan platform 3D Virtual Expo yang akan menampilkan produk UMKM dalam kemasan digital," ujarnya.

Selain itu, BRI juga telah melakukan promosi ke calon pembeli di luar negeri baik di Amerika Serikat, Kanada, Amerika Latin, Eropa, Asia, dan Timur Tengah.

Menurutnya, dengan diselenggarakannya UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 di masa pandemi ini, BRI berharap tetap dapat mengoptimalkan potensi ekspor produk UMKM dan meningkatkan kapasitas baik produksi maupun kualitas pelaku UMKM.

"Dengan memanfaatkan momentum ini, diharapkan UMKM Indonesia dapat bangkit melalui transformasi digital di masa pandemi dan produk Indonesia mampu menembus pasar global, sehingga UMKM dapat meningkatkan transaksi ekspor Indonesia serta mendongkrak perekonomian nasional,” katanya.

Acara itu juga dikemas dengan berbagai program diskon bagi nasabah BRI, dan menyelenggarakan Business Matching secara virtual dengan strategi tetap mengirimkan sampel produk F&B kepada para mitra di luar negeri.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 digelar dengan konsep pameran hybrid, yakni terselenggara dalam bentuk UMKM Virtual Exhibition & UMKM Showcase melalui berbagai instalasi seni yang memikat.

Selain menggelar business matching dengan mempertemukan UMKM kepada para pembeli internasional secara virtual, acara itu juga menggelar talk show yang menghadirkan 63 pembicara dengan 27 topik pembahasan tentang akselerasi UMKM, serta coaching clinic dengan 10 pembicara dan 7 topik bahasan.

Kemudian ada juga Bazar Online di Indonesia Mall BRI yang menampilkan produk industri UMKM peserta dari seluruh Indonesia yang dapat diakses melalui www.brilianpreneur.com, serta UMKM Award Pengusaha Muda BRILian dan UMKM Expo Terbaik.

Seluruh rangkaian program dan informasi UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 juga dapat diakses melalui website resmi www.brilianpreneur.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Lili Sunardi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper