Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hadapi 2021, Ini Lima Program Prioritas Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan memiliki lima program prioritas dalam pengembangan sektor manufaktur nasional pada 2021.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 01 Desember 2020  |  17:40 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa guna mendorong pertumbuhan industri nasional, terdapat tiga pilar utama yang harus menjadi perhatian, yaitu investasi, teknologi, dan SDM. - Kemenperin
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa guna mendorong pertumbuhan industri nasional, terdapat tiga pilar utama yang harus menjadi perhatian, yaitu investasi, teknologi, dan SDM. - Kemenperin

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memiliki lima program prioritas dalam pengembangan sektor manufaktur nasional pada 2021.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pihaknya akan melaksanakan kegiatan prioritas nasional. Adapun, kegiatan maupun target yang ditetapkan itu memiliki kriteria tertentu.

"[Akan diutamakan kegiatan yang] mendukung prioritas nasional [dalam] memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan, serta prioritas nasional [dalam] meningkatkan sumber daya manusia dan berdaya saing," katanya kepada Bisnis, Selasa (1/12/2020).

Pertama, kegiatan prioritas dalam rangka peningkatan nilai tambah, lapangan kerja, dan investasi di sektor riil. Agus menyatakan beberapa kegiatan yang dimaksud adalah pengembangan industri petrokimia di Teluk Bintuni.

Pihaknya juga akan mengembangkan industri industrial vegetable oil/ industrial lauric oil (IVO/ILO). Seperti diketahui, IVO/ILO merupakan produk hasil pemrosesan CPO yang menurunkan kadar getah dan metal.

Kedua, kegiatan prioritas dalam rangka penguatan kewirausahaan, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan koperasi. Agus menyatakan pihaknya akan menggapi target tersebut dengan mengembangkan sentra industri kecil menengah (IKM) dan mengembangkan produk IKM.

Ketiga, kegiatan prioritas dalam rangka peningkatan ekspor bernilai tambah tinggi dan penguagn tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). Agus menyampaikan pihaknya akan melakukn pendampingan pada pabrikan untuk emnigkatkan eskpor. Salah satu cara yang akan dilakukan adalah ajang temu bisnis internasional. Seperti diketahui, Indonesia akan berpartisipasi dalam Hannover Messe 2021.

Keempat, kegiatan prioritas dalam rangka optimalisasi pemanfaatan teknologi digital dan industri 4.0. Kemenperin berencana mengembangkan data industri 4.0 dan pembangunan pusat inovasi dan pengembangan industri 4.0.

Terakhir, kegiatan prioritas dalam rangka peningkatan produktivitas dan daya saing SDM. "[Hal tersebut akan dilakukan] melalui pelatihan industri berbasis kompetensi dan pendidikan vokasi dan kejuruan industri berbasis kompetensi menuju dual system," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenperin program kementerian
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top