Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOP BUMN Award 2020: Anugerah Untuk BUMN Paling Tahan Banting

TOP BUMN Award 2020 merupakan bentuk apresiasi kepada BUMN atas prestasi dan pencapaian yang berhasil diraih sejak awal tahun ini. Penghargaan diberikan untuk dua kelompok berdasarkan aset dengan masing-masing kelompok terdapat empat kategori.
Logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terpasang di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terpasang di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis Indonesia melangsungkan acara Bisnis Indonesia TOP BUMN Award 2020 hari ini, Senin (26/11/2020). Ajang ini merupakan bentuk apresiasi kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atas prestasi dan pencapaian yang berhasil diraih.

Oleh karena penyelenggaraan acara ini masih pada masa pandemi, pemberian penghargaan dilakukan secara virtual dan live streaming.Penjurian dalam Bisnis Indonesia TOP BUMN Award 2020 dilakukan terhadap dua kelompok jenis usaha yaitu keuangan dan nonkeuangan.

Selanjutnya, BUMN juga dibagi atas dua kelompok besar yaitu perusahaan dengan aset di atas Rp15 triliun dan perusahaan dengan aset di bawah atau sama dengan Rp15 triliun.

Penghargaan yang diberikan bagi kedua kelompok perusahaan tersebut adalah:

  • BUMN Terbuka Sektor Keuangan
  • BUMN Terbuka Sektor Non Keuangan
  • BUMN Non Terbuka Sektor Keuangan
  • BUMN Non Terbuka Sektor Non Keuangan

TOP BUMN Award 2020 merupakan bentuk apresiasi kepada BUMN atas prestasi dan pencapaian yang berhasil diraih sejak awal tahun ini. Ajang penghargaan ini merupakan kelanjutan sekaligus metamorfosa dari kegiatan stupa pada 2019 yaitu CFO BUMN Award 2019.

Penganugerahan TOP BUMN Award 2020 mengambil tema bertahan di tengah badai krisis pandemi Covid-19, Survive in Crisis: The Most Resilient BUMN 2020.

Tema ini dipilih mengingat badai pandemi Covid-19 membuat perusahaan harus mampu bertahan ketika laba dan pendapatan turun drastis. Tak sedikit pula perusahaan yang merugi termasuk BUMN. Akhirnya hanya korporasi yang memiliki daya tahan kuat yang mampu bertahan.

Dengan demikian, mulai tahun ini apresiasi tidak hanya diberikan kepada BUMN sebagai institusi, tetapi juga kepada CEO dan CFO terbaik. 

“Bagaimanapun CEO dan CFO menjadi key person yang sangat menentukan arah dan kesuksesan bisnis, khususnya di masa-masa sulit seperti sekarang ini,” kata Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group Hariyadi Sukamdani dalam kata sambutannya, Senin (30/11/2020).

Adapun, penganugerahan TOP BUMN Award 2020 sepenuhnya didasarkan pada penilaian performa perusahaan, terutama terkait dengan kinerja finansial. 

Penilaian performa diawali dengan riset komprehensif oleh Tim Bisnis Indonesia Konsultan (BIK) dengan menggunakan metode yang provent, guna menentukan BUMN- BUMN berkinerja terbaik sesuai kategorinya. 

Selanjutnya, nominee yang dihasilkan oleh tim BIK, dilakukan penilaian lebih lanjut secara ketat oleh panel dewan juri independen. Dengan cara ini, Bisnis Indonesia menjaga reputasi, kredibilitas dan akuntabilitas atas setiap penghargaan yang diberikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper