Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Promosi Virtual Pariwisata Sasar 15 Destinasi

Promosi virtual tersebut dalam pelaksanaannya akan melibatkan pelaku usaha pariwisata di bawah naungan GIPI untuk menjalankan program.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 26 November 2020  |  16:56 WIB
Para turis asing sedang bersantai di Pantai Kuta, Bali. - Bisnis
Para turis asing sedang bersantai di Pantai Kuta, Bali. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Program promosi virtual industri pariwisata menargetkan 15 wilayah destinasi sebagai sasaran. Perusahaan-perusahaan di destinasi tersebut akan melakukan promosi pariwisata secara terkoordinasi. 

Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Didien Djunaedi mengatakan program tersebut bakal menjadi model baru promosi pariwisata di Tanah Air yang dapat membantu mendongkrak pergerakan wisatawan domestik.

Menurut Didien, rerata pergerakan wisatawan domestik dari awal tahun masih rendah akibat terdampak pandemi Covid-19. Pergerakan wisatawan domestik hanya 30 persen dari total dalam kondisi normal atau sekitar 78 juta orang.

"Pada dasarnya, pergerakan wisatawan domestik masih sedikit karena ketidakpastian selama pandemi. Kisarannya 30 persen dari pergerakan wisatawan domestik pada kondisi normal yang total jumlahnya sekitar 260 juta orang," ujar Didien kepada Bisnis.com, Kamis (26/11/2020).

Destinasi-destinasi yang disasar dalam masa uji coba program tersebut, di antaranya Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatra Selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan.

Adapun, promosi virtual tersebut dalam pelaksanaannya akan melibatkan pelaku usaha pariwisata di bawah naungan GIPI untuk menjalankan program.

Namun, dengan mempertimbangkan geliat sektor pariwisata yang masih lesu serta pemanfaatan teknologi daring yang belum fasih di kalangan pelaku usaha, maka dalam tahap uji coba ini akan difokuskan ke pembelajaran pemanfaatan teknologi daring.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata promosi wisata Covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top