Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kata Menteri ESDM, Asean Perlu Melakukan Transisi Energi

Salah satu inisiatif utama Indonesia terkait kerja sama transisi energi Asean adalah memprakarsai pendirian Clean Coal Technology, Centre of Excellence (CCT COE).
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 20 November 2020  |  17:42 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif. Bisnis - Abdullah Azzam
Menteri ESDM Arifin Tasrif. Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan perlunya transisi energi Asean yang tidak hanya berfokus pada peralihan bahan bakar fosil ke energi terbarukan, tetapi juga peralihan ke pilihan energi dan teknologi yang lebih bersih serta terjangkau.

Hal itu disampaikannya dalam rangkaian pertemuan Asean Ministers on Energy Meeting (AMEM) Ke-38 yang dilaksanakan secara virtual, 19-20 November 2020.

Salah satu inisiatif utama Indonesia terkait kerja sama transisi energi Asean adalah memprakarsai pendirian Clean Coal Technology, Centre of Excellence (CCT COE). Fasilitas ini direncanakan berlokasi di Sentra Teknologi Batubara Palimanan, Jawa Barat.

Keberadaan CCT COE penting untuk meningkatkan kerja sama internasional, termasuk kolaborasi penelitian dan pengembangan, serta transfer teknologi, tidak hanya untuk Indonesia, tetapi juga negara anggota Asean lainnya juga.

Dukungan dari seluruh negara anggota Asean dan tiga negara mitra wicara AMEM+3 (Jepang, Korea Selatan, dan China) diharapkan dapat mewujudkan pemanfaatan CCT COE dan meningkatkan kemampuannya dalam hal keahlian, fasilitas, dan sumber daya.

  • "Indonesia berharap kerja sama dalam Asean Forum on Coal dapat menjadi think tank untuk mempromosikan penggunaan clean coal technology bersamaan dengan pergerakan Asean ke arah transisi energi yang lebih bersih dan ekonomi rendah karbon," kata Arifin dikutip melalui siaran pers, Jumat (20/11/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asean Energi Bersih Terbarukan
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top