Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Salurkan Subsidi Gaji kepada 2,4 Juta Tenaga Pendidik, Ini Rinciannya

Pemerintah terus mengkaji dan mengidentikasi target penerima bantuan sosial di tengah tekanan pandemi Covid-19.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 17 November 2020  |  16:46 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara virtual perilisan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI - Bank Indonesia
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara virtual perilisan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI - Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah kembali menyalurkan bantuan sosial dalam bentuk tunai. Kali ini ditujukan kepada tenaga pendidik yang berpenghasilan di bawah Rp5 juta.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bantuan subsidi gaji kepada tenaga pendidik akan disalurkan kepada sebanyak 2,4 juta orang, baik yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Kementerian Agama.

"Total bantuannya Rp600.000, dikalikan 3 bulan, ditransferkan ke akun masing-masing [penerima]," katanya, Selasa (17/11/2020).

Sri Mulyani menjelaskan, karena menghadapi situasi yang tidak biasa akibat pandemi Covid-19, pemerintah terus mengkaji dan mengidentikasi target penerima bantuan sosial.

Salah satu bantuan yang sedang dikaji adalah pemberian subsidi listrik. Hal ini dilakukan agar beban masyarakat tidak bertambah ketika mereka diharuskan beraktvitas di rumah.

"Jadi permintah memang membantu melalui berbagai saluran, tadinya targetnya masyarakat terutama yang sangat rentan diberikan lansung, baik dalam bentuk tunai maupun sembako," jelasnya.

Adapun, bantuan juga diberikan kepada UMKM, berupa tambahan bantuan produktif sebesar Rp2,4 juta per UMKM, di samping subsidi bunga dan penundaan cicilan.

Sri Mulyani menambahkan berbagai stimulus tersebut diberikan agar dampak dari pandemi Covid-19 bisa ditekan, mulai dari kegiatan pendidikan, sosial, UMKM, hingga ekonomi.

Oleh karena itu, imbuhnya, APBN juga bekerja ekstra keras, sehingga defisit pada tahun ini diperbolehkan melebihi 3 persen. Hal ini seiring dengan penerimaan perpajakan yang menurun signifikan, sedangkan di sisi lain, belanja harus tetap meningkat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bansos guru honorer subsidi gaji
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top