Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Investasi Daerah jadi Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional

Bank Indonesia menegaskan akan senantiasa bersinergi dengan pemerintah dan berbagai otoritas terkait untuk mempromosikan investasi dan perdagangan daerah.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 16 November 2020  |  17:10 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan bahwa investasi daerah menjadu salah satu kunci mendorong pemulihan ekonomi nasional.

“Untuk meningkatkan promosi perdagangan dan investasi di daerah maupun nasional, BI akan senantiasa bersinergi dengan pemerintah dan berbagai otoritas terkait,” katanya saat sambutan virtual, Senin (16/11/2020).

Perry menjelaskan bahwa ada dua hal penting selain investasi dalam pemulihan ekonomi nasional. Semuanya yaitu optimistis dan koordinasi.

Meski negatif selama dua kuartal berturut-turut, pemerintah yakin kuartal IV/2020 ekonomi lebih baik dari periode sebelumnya. Setelah itu pada 2021 kembali seperti biasanya yaitu tumbuh 5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Dan terus naik ke sekitar 6 persen pada kurun waktu 5 tahun mendatang. Ini didukung oleh perbaikan konsumsi, eskpor, maupun investasi,” jelasnya.

Perry menuturkan bahwa hal kedua yaitu dengan sinergi koordinasi kebijakan ekonomi nasional yang sangat kuat dan erat antara pemerintah, BI, Otoritas Jasa Keuangan, dan berbagai instansi/lembaga.

Contoh kerja sama itu adalah skema berbagi beban atau burden sharing antara pemerintah dan BI. Masih banyak lagi pola untuk menjaga ekonomi Indonesia di tengah Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi bank indonesia
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top