Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekspor Oktober Cetak Rekor Sepanjang 2020

Kenaikan ekspor terjadi hampir di seluruh sektor kecuali pada migas yang turun 5,94 persen dibandingkan dengan September 2020.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 16 November 2020  |  12:38 WIB
Petugas dibantu alat berat memindahan kontainer dari kapal ke atas truk pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Selasa (17/5). JIBI/Bisnis - Dwi Prasetya
Petugas dibantu alat berat memindahan kontainer dari kapal ke atas truk pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Selasa (17/5). JIBI/Bisnis - Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA – Kinerja ekspor Indonesia mencetak rekor tertinggi sepanjang tahun dengan capaian US$14,39 miliar pada Oktober 2020.

Nilai ekspor ini lebih besar dibandingkan capaian pada Maret yang sebelumnya memegang rekor dengan nilai US$14,07 miliar. 

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Setianto mengatakan terjadi kenaikan ekspor 3,09 persen secara bulanan. Meski demikian, nilai ekspor ini lebih rendah 3,29 persen dibandingkan dengan ekspor pada Oktober 2019.

“Ekspor US$14,39 miliar pada Oktober 2020 merupakan yang terbesar jika dibandingkan dengan Januari, Februari, Maret setelah April, Mei menurun,” kata Setianto dalam konferensi pers, Senin (16/11/2020).

Kenaikan ekspor terjadi hampir di seluruh sektor kecuali pada migas yang turun 5,94 persen dibandingkan dengan September 2020. Sektor pertambangan dan lainnya mengalami kenaikan bulanan terbesar yakni 16,98 persen secara bulanan.

Adapun kenaikan terbesar terjadi pada kelompok lemak dan minyak nabati yang bertambah US$188,1 juta, disusul bahan bakar mineral US$167,1 juta, dan kelompok bijih, terak, dan abu logam senilai US$87,7 juta.

Meski ekspor kembali menyentuh US$14 miliar setelah enam bulan, Setianto belum bisa memastikan apakah hal ini merupakan sinyal perekonomian RI yang mulai membaik. Dia mengatakan kinerja ekspor pada November dan Desember perlu pula dilihat untuk melihat kinerja secara keseluruhan.

“Kita lihat saja bagaimana November dan Desember, kami tidak bisa prediksi tapi harapannya tetap surplus,” kata Setianto.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Neraca Perdagangan ekspor
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top