Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perombakan Komite Covid-19, Airlangga Hartarto Ambil Alih Peran Erick Thohir?

Pengambilalihan kewenangan dari Erick ke Airlangga tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.108/2020 tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang ditantatangani Presiden Joko Widodo pekan lalu.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 15 November 2020  |  14:27 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat tiba di Ruang Rapat Paripurna I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat tiba di Ruang Rapat Paripurna I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengambil alih kewenangan Menteri BUMN Erick Thohir dalam mengoordinasi penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Pengambilalihan kewenangan dari Erick ke Airlangga tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.108/2020 tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pekan lalu.

Presiden dalam pertimbangan beleid menjelaskan bahwa perubahan substansi dalam Pepres terkait Komite Penanganan Covid-19 dan PEN ditujukan untuk mengoptimalkan peran komite yang sudah berjalan sejak Juli 2020 lalu.

"Berdasarkan pertimbangan tersebut, perlu menetapkan perubahan Perpres Nomor 82/2020," demikian bunyi pertimbangan perpres yang dikutip Bisnis, Minggu (15/11/2020).

Adapun, peralihan kewenganan Erick Thohir ke Airlangga Hartarto ini tampak dalam penjelasan pasal 4 Perpres revisi.

Pasal itu menegaskan bahwa tugas Ketua Komite adalah mengoordinasikan pelaksanaan tugas komite dan menetapkan kebijakan yang terkait penanganan Covid-19 serta pemulihan perekonomian dan transformasi ekonomi nasional.

Tugas tersebut, jika dalam beleid yang lama, merupakan kewenangan Menteri BUMN Erick Thohir. Erick sendiri dalam stuktur Komite Covid yang baru bertugas sebagai Wakil Ketua IV dan Ketua Tim Pelaksana, yang tugasnya membantu Ketua Komite dalam mengorganisasi dan mengintegrasikan pelaksanaan Komite Covid -19. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

erick thohir Covid-19 pemulihan ekonomi
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top