Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mendag Tunjuk Ekonom UI Fithra Faisal sebagai Juru Bicara Kemendag

Ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi mulai menjabat posisi tersebut per 10 November 2020.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 13 November 2020  |  15:42 WIB
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menunjuk ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi sebagai juru bicara Kementerian Perdagangan. - Universitas Indonesia
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menunjuk ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi sebagai juru bicara Kementerian Perdagangan. - Universitas Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menunjuk ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi sebagai juru bicara Kementerian Perdagangan.

Fithra mulai menjabat posisi tersebut per 10 November 2020 sebagaimana tertuang dalam surat keputusan yang diteken.

“Menurut SK mulai 10 November, tetapi saya mulai menjalankan tugas per Senin [16 November],” kata Fithra saat dikonfirmasi Bisnis, Jumat (13/11/2020).

Fithra mengemukakan penunjukkan dirinya dilakukan lantaran Kemendag ingin membangun komunikasi yang lebih baik ke publik dan media. Luasnya tugas dan peran Kemendag menjadi penyebab penguatan komunikasi ini.

“Pertimbangan penunjukkan saya adalah untuk meningkatkan engagement dengan publik dan media, mengingat luasnya peran dan fungsi Kemendag,” katanya.

Lebih lanjut, Fithra mengatakan akan menjalankan tugas dengan berkolaborasi dengan Biro Humas Kementerian Perdagangan yang selama ini menjadi perpanjangan tangan informasi soal perdagangan bagi publik.

Sebelum menjabat posisi ini, Fithra dikenal sebagai ekonom yang aktif mengulas kebijakan ekonomi pemerintah. Dia menamatkan pendidikan sarjananya di bidang ekonomi di Universitas Indonesia. Fithra lantas melanjutkan pendidikan magister di Universitas Keio, Jepang dan Universitas Waseda, Jepang untuk program doktoral.

Selain mengajar di Universitas Indonesia, dia juga pernah menjadi peneliti utama dalam Dewan Ekonomi Nasional pada masa kepemimpinan Presiden Indonesia SBY pada 2012-2013 serta menjadi Penasehat Dekanat Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada 2017-2018.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menteri perdagangan humas
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top