Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Meski Naik, Hitungan Tarif Tol Jakarta-Cikampek Perkilometer Diklaim Lebih Rendah

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan bila dioperasikan terpisah dan dikenakan tarif, pengguna tol Jakarta-Cikampek dan tol Jakarta-Cikampek elevated bakal membayar lebih mahal.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 11 November 2020  |  22:28 WIB
Pengendara mobil melintas di jalur
Pengendara mobil melintas di jalur "contraflow" ke arah Cikampek di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 37, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/6). Jasa Marga bersama kepolisian memberlakukan "contraflow" dari KM 35600 sampai KM 47 untuk mengurai kemacetan di jalan tol khususnya di sekitar "rest area" KM 39 karena banyaknya pemudik yang beristirahat. - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA-- Meski tarif tol Jakarta-Cikampek mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengklaim tarif yang dikenakan per kilometernya lebih rendah.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan bila dioperasikan terpisah dan dikenakan tarif, pengguna tol Jakarta-Cikampek dan tol Jakarta-Cikampek elevated bakal membayar lebih mahal.

"Bila dioperasikan terpisah, pengendara harus membayar 2 kali bila melewati tol Jakarta-Cikampek dan tol Jakarta-Cikampek elevated. Untuk kendaraan golongan 1 di Japek wilayah 4 Rp15.000 dan Japek 2 wilayah 4 Rp45.500 sehingga total yang harus dibayar Rp60.500," ujarnya dalam konferensi pers secara daring Rabu (11/11/2020).

Bila tarif itu dihitung perkilometer, pengguna tol Japek dan Japek 2 elevated bakal membayar senilai Rp834.

Sementara dengan sistem terintegrasi yang bakal diterapkan diperkirakan Desember 2020 mendatang, pengguna tol Japek hanya perlu membayar satu kali untuk kendaraan golongan 1 wilayah 4 yaitu Rp20.000.

Secara hitungan perkilometer, tarif baru ini akan membebani pengendara tol mencapai Rp276. Angka ini disebut masih lebih rendah dari hasil survey tentang kesanggupan pengguna tol Japek untuk membayar (Willingness to Pay).

"Rata-rata WtP pengguna golongan 1 untuk jarak terjauh dari hasil survey UP2M Universitas Indonesia adalah Rp29.500 atau Rp531 per kilometer," ujarnya

Adapun sebelumnya ruas tol Jakarta-Cikampek menerapkan tarif Rp15.000 untuk wilayah 4 bagi kendaraan golongan 1, dan Japek 2 masih gratis sejak dibuka secara resmi pada Desember 2019 lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa marga tol cikampek
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top