Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jalan Tol Jagorawi dan Cimanggis-Cibitung Terintegrasi Besok, Gratis!

Pengoperasian gerbang tol tersebut diharapkan dapat menjadi alternatif titik transaksi dan mengantisipasi kepadatan Jalan Alternatif Cibubur bagi pengguna jalan yang berasal/menuju Cibubur, Transyogi, Cileungsi dan sekitarnya.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 09 November 2020  |  15:17 WIB
Gerbang Tol Cimanggis 2, ruas tol Jagorawi - Jasamarga
Gerbang Tol Cimanggis 2, ruas tol Jagorawi - Jasamarga

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyatakan gerbang Tol Cimanggis 4 dan 5 yang merupakan akses masuk dan keluar dari Jalan Tol Jagorawi menuju Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dan sebaliknya akan segera beroperasi pada 10 November 2020 pukul 14.00 WIB.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti menjelaskan pengoperasian kedua gerbang tol yakni Ruas Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 Segmen Junction Cimanggis – Jatikarya memiliki panjang 2,75 km.

Menurutnya, pengguna ruas tol baru tersebut tidak dikenakan biaya alias gratis pada masa sosialisasi saat ini.

Jalan tol yang dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) mulai beroperasi berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor 1540/KPTS/M/2020 tanggal 26 Oktober 2020 tentang Penetapan pengoperasian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung seksi 1 (Junction-On/Of Ramp Jatikarya).

"Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional sebagai pengelola Ruas Tol Jagorawi akan mengoperasikan Gerbang Tol Cimanggis 4 dan 5 sebagai akses penghubung Ruas Cimanggis-Cibitung dengan Ruas Tol Jagorawi," ujarnya dalam siaran pers Senin (9/11/2020).

GT Cimanggis 4 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jatikarya/Cibubur/Transyogi menuju Jakarta, sedangkan GT Cimanggis 5 diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Jatikarya/Cibubur/Transyogi.

Pengoperasian GT ini diharapkan dapat menjadi alternatif titik transaksi dan mengantisipasi kepadatan Jalan Alternatif Cibubur bagi pengguna jalan yang berasal/menuju Cibubur, Transyogi, Cileungsi dan sekitarnya. Dengan dioperasikannya akses baru Cimanggis – Cibitung, kebangkitan lalu lintas bagi Ruas Jagorawi diyakini bakal terus meningkat.

GT Cimanggis 4 memiliki total 4 gardu operasi yang terdiri dari 2 gardu single untuk golongan 1 non bus dan 2 gardu multi untuk golongan bus dan truk. Sebaliknya, GT Cimanggis 5 memiliki total 5 gardu operasi yang terdiri dari 3 gardu single untuk golongan 1 non bus dan 2 gardu multi untuk golongan bus dan truk.

Kedua gerbang tol tersebut akan diberlakukan dengan sistem pembayaran Non Tunai/menggunakan uang elektronik. Tidak ada perubahan tarif tol Ruas Jagorawi dengan adanya pengoperasian GT Cimanggis 4 dan 5, pengguna jalan tetap menggunakan tarif Tol Ruas Jagorawi saat ini yaitu Gol I Rp 7.000, Gol II & Gol III Rp 11.500, Gol IV & Gol V Rp 16.000.

"Sementara selama masa sosialisasi Pengoperasian Ruas Cimanggis-Cibitung pengguna jalan tol saat ini belum dikenakan tarif alias gratis pada Ruas Cimanggis-Cibitung tersebut," ujarnya.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan memastikan kecukupan saldo e-toll sebelum perjalanan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol jagorawi Tol Cimanggis-Cibitung
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top