Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PTPN III & Pertamina Power Garap PLTS di KEK Sei Mangke

Program energi ramah lingkungan bertujuan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengoptimalkan potensi energi terbarukan dan menarik minat investor di KEK Sei Mangkei.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 November 2020  |  14:30 WIB
Ilustrasi: Petugas sedang melakukan pengecekan di sebuah pembangkit listrik tenaga surya. Istimewa -  PLN
Ilustrasi: Petugas sedang melakukan pengecekan di sebuah pembangkit listrik tenaga surya. Istimewa - PLN

Bisnis.com, JAKARTA — Induk perusahaan atau Holding Perkebunan Nusantara, PTPN III (Persero) bersama PT Pertamina Power Indonesia mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya dengan kapasitas 2 MW di Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, Sumatra Utara.

Program berbasis energi ramah lingkungan atau dikenal dengan green economic zone ini untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengoptimalkan potensi energi terbarukan (renewable energy) nasional dan menarik minat investor di KEK Sei Mangkei.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) M. Abdul Ghani menjelaskan bahwa energi terbarukan dihasilkan dari sumber daya energi yang secara alami tidak akan habis, bahkan berkelanjutan jika dikelola dengan baik.

"PTPN Group bersama PT Pertamina Power Indonesia akan mengoptimalkan pemanfaatan energi terbarukan secara optimal di Indonesia," kata Ghani melalui siaran pers, Senin (2/11/2020).

Ghani menjelaskan energi matahari lebih ramah lingkungan daripada bahan bakar fosil. Saat ini, sebanyak 90 persen energi di Indonesia masih menggunakan energi berbahan fosil dari batu bara, minyak bumi, gas alam, sedangkan sisanya kurang dari 10 persen memanfaatkan sumber energi terbarukan.

Kerja sama PLTS di Sei Mangkei, Sumatra Utara, merupakan sinergi lanjutan antara PTPN III dan Pertamina Power Indonesia. Sebelumnya, telah terjalin kerja sama bangun guna serah pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) berkapasitas 2,4 MW di KEK Sei Mangkei.

Sejak beroperasi pada Januari 2020 hingga saat ini, PLTBg Sei Mangkei telah memproduksi listrik sebesar 6.923.140 kWh dan dapat menyediakan pasokan listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik penyewa-penyewa investor di KEK Sei Mangkei.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

plts ptpn iii

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top