Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Erick Thohir: BUMN Dukung Pendanaan UMKM hingga Akses Pasar

BUMN berkomitmen mendukung pengembangan UMKM, bukan berkompetisi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  20:04 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan penjelasan kepada media massa usai rapat rapat tertutup dengan Komisi VI DPR di Komplek Gedung DPR MPR, Jakarta, Senin (14/9/2020). - Bisnis/Dhiany Nadya Utami
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan penjelasan kepada media massa usai rapat rapat tertutup dengan Komisi VI DPR di Komplek Gedung DPR MPR, Jakarta, Senin (14/9/2020). - Bisnis/Dhiany Nadya Utami

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir berkomitmen mendukung para pelaku UMKM dalam tiga aspek utama yakni infrastruktur, pendanaan, dan akses pasar.

"Tentunya saya dari BUMN, kita justru pada saat ini ingin mendukung UMKM di dalam tiga hal. Pertama, penyiapan infrastruktur, kedua yakni pendanaan, dan ketiga adalah pasar atau market," ujar Erick Thohir pada Rabu (28/10/2020), dikutip dari Antara.

Terkait infrastruktur, ia mengatakan BUMN mendapatkan tugas dari negara untuk terus dalam krisis ini membangun infrastruktur seperti jalan tol, digitalisasi, termasuk PT Telkom membangun pusat data, kecerdasan buatan, dan lainnya.

"Tetapi tidak berkompetisi dengan UMKM, tapi kita justru menjadi backbone-nya untuk mendukung mereka," kata Erick.

Kedua, terkait masalah pendanaan, menurut dia, Himbara sudah melakukan, tetapi sekarang terus ditingkatkan untuk bagaimana nantinya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Pegadaian (Persero), dan PNM dijadikan satu data bagi sektor usaha mikro.

"Mengingat terdapat juga beberapa UMKM yang unbankable. Kita juga mendukung dalam hal tersebut," ujar Menteri BUMN.

Terkait akses pasar, Erick Thohir berkolaborasi dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan juga dengan Menparekraf Wishnutama mengenai hal tersebut.

"Menkop UKM Bapak Teten salah satu tugasnya membantu UMKM ini baik apakah dari segi pengertian market, upgrading, dan sebagainya. Namun, kami juga di BUMN mendukung dalam hal akses pasar," kata Erick.

Maka dari itu, lanjutnya, beberapa waktu lalu Kementerian BUMN telah arahkan PT Sarinah untuk terdapat 40-80 persen merek lokal.

Sebelumnya, Menteri Erick mengungkapkan Sarinah nantinya lebih difokuskan kepada pemasaran produk UMKM, sementara Smesco Kementerian Koperasi dan UKM lebih pada upaya pelatihan pelaku UMKM.

Kementerian BUMN dan Kemenkop UKM telah menandatangani kerja sama untuk menyinergikan Smesco dan Sarinah dalam membantu UMKM Indonesia.

Menurut Erick, kerja sama BUMN dengan UMKM merupakan suatu keharusan dan keberpihakan dalam rangka membuat kondisi UMKM di Indonesia lebih baik lagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN umkm erick thohir

Sumber : antara

Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top