Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Presiden Sebut Lumbung Pangan Sumut Jadi Percontohan

Pengembangan kawasan lumbung pangan terpadu (food estate) di Sumatra Utara tidak main-main. Sebab, program di kawasan ini ditargetkan bisa menjadi contoh bagi provinsi lain yang juga akan membangun food estate.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  13:00 WIB
Panen bawang putih double chromosome. Sumatra Utara berambisi untuk berswasembada komoditas pangan. ANTARA
Panen bawang putih double chromosome. Sumatra Utara berambisi untuk berswasembada komoditas pangan. ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Pengembangan kawasan lumbung pangan terpadu (food estate) di Sumatra Utara tidak main-main. Sebab, program di kawasan ini ditargetkan bisa menjadi contoh bagi provinsi lain yang juga akan membangun food estate.

Hal itu disampaikan Presiden saat meninjau lokasi lumbung pangan di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Selasa (27/10/2020), yang dipantau melalui tayangan langsung virtual.

"Ini akan jadi contoh untuk provinsi lain yang ingin membangun food estate," kata Presiden.

Presiden mengatakan Indonesia memiliki dua provinsi yang akan dipakai memulai program lumbung pangan, yakni di Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah.

Di Sumatera Utara tersedia lahan 60 ribu hektare, dan yang akan digunakan untuk food estate adalah seluas 30 ribu hektare.

Lahan di Sumatera Utara yang akan digunakan sebagai lumbung pangan tersebar di beberapa kabupaten yakni di Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kabupaten Pakpak Bharat.

Presiden menyebutkan tiga komoditas penting yang akan dihasilkan dari kawasan lumbung pangan terpadu di Sumut, mencakup kentang, bawang merah, dan bawang putih.

Peresmian dimulainya program food estate di Sumut menjadi penanda awal mula dari konsep agrarisnya Sumatera Utara yang selama ini juga telah menjadi salah satu provinsi yang produktif di sektor pertanian.

“Kita berharap pasokan bawang putih, bawang merah, kentang, wortel selain dari Tanah Karo, itu nanti dari sini. Jadi pusatnya nanti dari sini, karena lahannya masih begini besar,” kata Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi.

Edy menyebutkan pendanaan untuk program food estate bersumber dari dana APBN dan APBD (Provinsi). Selain itu, nanti akan melibatkan investor yang menanamkan modalnya untuk pertanian dan peternakan, berupa kerbau dan sapi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

food estate lumbung pangan

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top