Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bir Bintang Dukung Pemprov Bali Pulihkan Pariwisata

PT Multi Bintang Indonesia Tbk. mendukung Pemerintah Provinsi Bali dalam pengembangan sistem untuk menciptakan pengalaman wisata yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan di Bali.
PT Multi Bintang Indonesia Tbk sebagai produsen bir Bintang/wikipedia.org
PT Multi Bintang Indonesia Tbk sebagai produsen bir Bintang/wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA — PT Multi Bintang Indonesia Tbk. mendukung Pemerintah Provinsi Bali dalam pengembangan sistem untuk menciptakan pengalaman wisata yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan di Bali.

Head of Marketing PT Multi Bintang Indonesia Tbk. Jessica Setiawan mengatakan pandemi yang sedang melanda membuat pemerintah harus membatasi kegiatan sosial di berbagai wilayah di Indonesia sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Sebagai kontributor terbesar di sektor pariwisata Indonesia, Bali merupakan salah satu daerah yang sangat terdampak.

Sejak Maret hingga Juli 2020, Bali tercatat mengalami kerugian ekonomi senilai Rp48,6 triliun, di mana kerugian ini merupakan yang terbesar bahkan jika dibandingkan dengan akibat krisis ekonomi 1998 atau aksi terorisme di 2002.

Sementara pada 2019, kontribusi devisa pariwisata Bali mencapai Rp75 triliun atau sekitar 28,9 persen dari total devisa nasional. Oleh karena itu, sebagai bagian dari upaya membangkitkan kembali ekonomi Bali, melalui Dinas Pariwisata Bali, pemerintah menerbitkan standar protokol tatanan normal baru untuk dapat dilakukan oleh seluruh lapisan usaha pariwisata di Bali.

"Mendukung inisiatif ini, Bir Bintang hadir untuk membantu dan mendampingi outlet-outlet mitra di Bali dalam menjalani proses sertifikasi protokol dari Dinas Pariwisata Bali tersebut. Kami aktif menjalin koordinasi dengan Dinas Pariwisata Bali untuk membantu lebih dari 50 outlet di Bali dengan memberikan pelatihan protokol Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan dan memandu mereka dalam melengkapi seluruh kebutuhan yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikasi tersebut," katanya melalui siaran pers, Selasa (27/10/2020).

Jessica mengemukakan Bir Bintang juga menyediakan microsite yang berisi daftar tujuan wisata yang sudah tersertifikasi oleh Dinas Pariwisata Bali, sehingga memudahkan para wisatawan untuk mencari tujuan wisata yang menerapkan protokol kesehatan yang baik.

Menurutnya platform ini sekaligus menyediakan fungsi contact tracing mandiri sehingga dapat membantu Pemerintah Bali untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Para wisatawan sudah bisa mengakses platform ini mulai November 2020 dengan mengunjungi www.tetapbisa.id.

“Selama puluhan tahun, Bir Bintang telah tumbuh dan berkembang bersama Bali, dan kami ingin memberikan kontribusi nyata dan mendukung Pemerintah Bali dalam persiapan menghidupkan kembali pariwisata Bali. Kami berharap ini dapat membantu outlet-outlet mitra kami di Bali agar siap menerima para wisatawan,” ujar Jessica.

Sementara itu, Dinas Pariwisata Bali mengundang seluruh lapisan usaha pariwisata di Bali untuk turut serta mendukung pelaksanaan inisiatif tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali I Putu Astawa mengatakan pemerintah Bali mengapresiasi upaya yang dilakukan Bir Bintang dalam mengakselerasi proses penerapan standar protokol tatanan kehidupan era baru di Bali.

"Kami berharap perusahaan lain dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dilakukan Bir Bintang dalam membantu Bali agar dapat segera bangkit kembali," katanya.

Pendampingan dan pelatihan ini merupakan pilot project atau percobaan awal. Dalam upaya pemulihan pariwisata Bali ini, Bir Bintang berencana untuk menjangkau lebih banyak lagi outlet mitra yang tersebar di seluruh Bali untuk mempersiapkan Bali menyambut kembali para wisatawan saat pemerintah membuka kembali industri pariwisata di Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper