Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekonomi Indonesia Diramal Terus Membaik

Namun, sentimen positif perekonomian sangat tergantung dengan percepatan penangaban Covid-19. Semakin cepat penanganan semakin cepat pula proses pemulihan ekonomi akan terjadi.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  16:05 WIB
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional secara virtual, Senin (12/10/2020) - Biro Pers Sekretariat Presiden - Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional secara virtual, Senin (12/10/2020) - Biro Pers Sekretariat Presiden - Muchlis Jr

Bisnis.com, JAKARTA - Peneliti senior SIGMAPHI Jerry Marmen cukup optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus membaik seiring dengan munculnya sinyal positif di sejumlah indikator perekonomian.

Namun demikian, menurutnya, sentimen positif perekonomian ini sangat tergantung dengan percepatan penangaban Covid-19. Semakin cepat penanganan semakin cepat pula proses pemulihan ekonomi akan terjadi.

"Berbagai langkah pencegahan harus terus dilakukan secara massif, guna menekan laju penyebaran covid-19," ungkap Jerry, Kamis (15/10/2020).

Jerry menambahkan bahwa ekonomi Indonesia memang terkontraksi cukup dalam pada kuartal II/2020. Menurutnya, angka ini akan terus membaik pada kuartal III/2020 dan kuartal IV/2020.

Dia memproyeksikan dengan pendekatan moving average, kuartal III/2020 akan mencapai minus 3,27% dan minus 1,95%.

Sementara jika menggunakan pendekatan computable general equilibrium ekonomi Indonesia akan bergerak membaik perlahan di angka minus 3,09% pada kuartal III/2020 dan minus 1,34% pada kuartal IV/2020.

Jerry menambahkan untuk menjaga momentum pertumbuban, selain mempercepat penanganan covid-19, upaya menjaga stabilitas politik dan keamanan juga menjadi salah satu syarat yang cukup penting.

"Kondisi ini harus tetap kondusif untuk mendukung penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional," tukasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top