Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Japan-Indonesia Partnership Lounge Resmi Diluncurkan, Ini Manfaatnya

Tujuannya menyajikan informasi komprehensif terkait berbagai peluang kerja sama ekonomi bilateral Indonesia-Jepang. Ini sekaligus turut memperkenalkan investasi di Indonesia guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  16:49 WIB
Bendera Jepang - Istimewa
Bendera Jepang - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Jepang bersama Bank Indonesia, Kementerian Perdagangan, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal meluncurkan dashboard atau tampilan informasi ekonomi Japan-Indonesia Partnership Lounge (Jaipong).

Direktur Eksekutif Informasi BI Onny Widjanarko mengatakan bahwa sebagai bentuk inovasi dalam diplomasi ekonomi, Jaipong merupakan platform data yang terintegrasi secara Current, Reliable, Accurate, Timely (CRAT). Data tersebut bisa dilihat melalui https://www.dashboard.kbritokyo.jp/.

Tujuannya menyajikan informasi komprehensif terkait berbagai peluang kerja sama ekonomi bilateral Indonesia-Jepang. Ini sekaligus turut memperkenalkan investasi di Indonesia guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“Dashboard ini diharapkan dapat menjadi pusat informasi khususnya di bidang ekonomi,” katanya dikutip dari situs BI, Rabu (14/10/2020).

Onny menjelaskan bahwa sinergi, transformasi, dan inovasi merupakan tiga kata kunci dalam memanfaatkan berbagai peluang perekonomian global serta maraknya digitalisasi. Platform informasi ini dapat memberikan perspektif positif bagi ekonomi nasional di kancah global.

Langkah-langkah kreatif yang dipadukan dengan pemanfaatan teknologi digital diyakini mampu meningkatkan ekspor dan perdagangan. Upaya ini sebagai bentuk adaptasi, inovasi dan transformasi di tengah pandemi. Jaipong merupakan jembatan info terkini dalam perbaikan kemudahan berusaha.

Jaipong memiliki lima keunggulan utama. Pertama, fitur bank data dan policy tracker yang selalu diperbarui. Lalu desain tampilan yang ramah, elegan, interaktif, dan mudah dipahami.

Ketiga, menjadi one stop hub atau informasi yang lengkap dan terintegrasi dalam satu dashboard. Selanjutnya, tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang. Terakhir dikembangkan oleh anak bangsa yang sedang berkuliah di Jepang.

“Mengusung tema Sinergi dalam Harmoni, dashboard Jaipong diharapkan dapat menjembatani kebutuhan investor atau mitra Jepang ke sumber informasi di berbagai website dan informasi resmi dari Pemerintah Indonesia,” jelas Onny.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang investasi ekonomi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top