Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tiket Bus AKAP Lewat Pulo Gebang Kini Bisa Dibeli Online

Aplikasi Jaketbus bertujuan untuk mempermudah pelaku perjalanan dalam memperoleh informasi harga tiket dan jadwal bus secara aktual dan transparan.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 12 Oktober 2020  |  11:17 WIB
Bus AKAP - Antara
Bus AKAP - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan soft launching Jakarta Electronic Ticketing System Bus (Jaketbus) pada 28 Oktober 2020 sehingga semua penjualan tiket bus AKAP di Terminal Terpadu Pulo Gebang dilakukan secara online.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan Jaketbus merupakan aplikasi pesan tiket bus AKAP secara online di Terminal Terpadu Pulo Gebang. Aplikasi Jaketbus bertujuan untuk mempermudah pelaku perjalanan dalam memperoleh informasi harga tiket dan jadwal bus secara aktual dan transparan.

Pemprov pun akan melakukan uji coba terlebih dahulu aplikasi tersebut supaya dapat diterapkan di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur. Rencananya, aplikasi ini bisa diakses secara luas mulai 10 Desember 2020.

"Salah satu faktor yang menyebabkan turunnya pangsa pasar angkutan AKAP yakni tidak adanya transparansi dalam pembelian dan penjualan tiket. Dengan aplikasi ini warga dimudahkan untuk mendapatkan tiket, dan juga mengetahui informasi jadwal keberangkatan bus,"jelasnya, Senin (12/10/2020).

Syafrin menekankan aplikasi ini nantinya menggunakan sistem cashless, artinya semua pembayaran menggunakan uang elektronik. Dia menerangkan apabila nantinya sudah dapat diakses untuk umum masyarakat dapat mengisi e-wallet yang tersedia dalam fitur Jaketbus dengan melakukan pembayaran transfer bank atau merchant lainnya.

"Siapapun yang mengakses aplikasi ini otomatis akan teregistrasi. Untuk pembayarannya masyarakat juga bisa ke Indomaret dan Alfamart,"imbuhnya.

Berdasarkan rencananya aplikasi ini bisa diakses secara luas mulai 10 Desember 2020. Alhasil pada 28 Oktober 2020 akan lebih dulu dilakukan acara soft launching aplikasi Jaketbus sehingga semua penjualan tiket di Terminal Terpadu Pulo Gebang tidak akan dilakukan secara manual ke depannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

online bus akap
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top