Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jangan Tertipu Situs Lain! Ini Link Resmi, Syarat, dan Cara Daftar Kartu Prakerja

Dikutip dari akun resmi Prakerja di Instagram (@prakerja.go.id), masyarakat diminta agar berhati-hati dan tidak memberikan data pribadi serta tidak tertipu dengan laman palsu yang mengatasnamakan program Kartu Prakerja.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 12 Oktober 2020  |  16:53 WIB
Ilustrasi - Kartu Prakerja - ANTARA
Ilustrasi - Kartu Prakerja - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah pesan berantai tersebar di grup percakapan WhatsApp mengenai pemberian bantuan dari pemerintah sebesar Rp600.000 melalui program Kartu Prakerja.

Namun, ada kejanggalan yang terletak pada pesan itu, yakni alamat situs menggunakan domain .vip. Padahal, alamat prakerja.vip bukanlah laman resmi dari penyelenggara program Kartu Prakerja.

Dikutip dari akun resmi Prakerja di Instagram (@prakerja.go.id), masyarakat diminta agar berhati-hati dan tidak memberikan data pribadi serta tidak tertipu dengan laman palsu yang mengatasnamakan program Kartu Prakerja.

“Pastikan Sobat tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat e-mail, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggungjawab,” tulis akun Instagram @prakerja.go.id seperti dikutip Bisnis, Senin (12/10/2020).

Selain itu, apabila Anda menemukan informasi yang mencurigakan dan mengatasnamakan Kartu Prakerja, masyarakat dapat menghubungi layanan Kartu Prakerja ke nomor 0800-150-3001 (bebas pulsa).

Dikutip dari prakerja.go.id, program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) karena pandemi Covid-19, dan atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Untuk menghindari penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja, berikut link serta cara pendaftaran Kartu Prakerja www.prakerja.go.id.

Pertama, calon penerima membuka situs resmi www.prakerja.go.id. Langkah awal yang dibutuhkan adalah membuat akun Kartu Prakerja, dengan mengisi data diri seperti nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi.

Selanjutnya pilih metode verifkasi dan masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via e-mail atau SMS. Jika proses tersebut rampung, maka akun Kartu Prakerja Anda sudah berhasil dibuat.

Kemudian, Anda mendaftar program Kartu Prakerja dengan mengikuti tahapan berikut ini:

1. Masuk ke akun, kemudian klik Daftar Kartu Prakerja.

2. Isi formulir pendaftaran seperti nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kerja, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan selfie dengan KTP.

3. Klik selanjutnya.

4. Ikuti tes kemampuan dasar selama 15 menit.

5. Klik selesai.

6. Calon penerima akan menerima notifikasi, kembali ke situs prakerja.go.id, dan gabung ke gelombang pendaftaran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kartu prakerja covid-19
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top