Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Roda Ekonomi Bergerak? Kemenparekraf : Yuk, Disiplin 3M

Kemenparekraf mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesadaran untuk disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) sebagai kebiasaan baru agar roda ekonomi terus bergerak.
Sejumlah perwakilan agen perjalanan pariwisata berswafoto dengan penari saat travel gathering bertajuk We Love Bali di kawasan Pantai Pandawa, Badung, Bali, Jumat (4/9/2020). rn
Sejumlah perwakilan agen perjalanan pariwisata berswafoto dengan penari saat travel gathering bertajuk We Love Bali di kawasan Pantai Pandawa, Badung, Bali, Jumat (4/9/2020). rn

Bisnis.com, JAKARTA - Kemenparekraf mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesadaran untuk disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) sebagai kebiasaan baru agar roda ekonomi terus bergerak.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Kurleni Ukar mengatakan bahwa agar roda perekonomian terus bergerak dan masyarakat produktif di masa pandemi, kuncinya penerapan protokol kesehatan.

“Penerapan protokol kesehatan harus menjadi budaya baru yang dijalankan oleh seluruh pihak untuk bangkit kembali dengan menciptakan peluang-peluang baru di era adaptasi new normal di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Kurleni Ukar seperti dikutip Antara di Manado, Sabtu (10/10/2020).

Senada, Direktur Pengendalian Kebijakan Strategis, Hassan Abud, optimistis daerah yang berhasil menerapkan protokol kesehatan akan berhasil mempertahankan status zona hijau, secara langsung akan mengembalikan kepercayaan wisatawan untuk berkunjung.

“Butuh kesadaran dan komitmen dari seluruh pihak, baik pemerintah daerah, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, hingga masyarakat umum untuk menjadikan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) sebagai kebiasaan baru, dan 3T (testing, tracing, treatment) secara berkelanjutan,” katanya.

Hassan menambahkan, aspek kebersihan, kesehatan, keselamatan dan lingkungan (cleanliness, healthy, safety, and environment/CHSE) juga merupakan salah satu faktor penting yang berkontribusi pada peringkat Indonesia dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI).

Kemenparekraf mengedukasi para pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian lebih pada hal ini, terutama di era normal baru.

Berbagai sarana pendukung CHSE, sebut dia, diberikan untuk mendukung kesiapan destinasi, seperti alat semprot disinfektan, wastafel portabel, papan informasi Covid-19, cat tembok, cat kayu, cangkul, sapu, pengki, tempat sampah dan seterusnya.

Oleh karena itu dia berharap, Gerakan BISA (bersih, indah, sehat dan aman) dapat diteruskan pemerintah daerah dan menjadi kegiatan rutin yang dapat secara perlahan namun pasti akan memberi dampak signifikan untuk kebersihan, keindahan, keamanan destinasi.

Kemenparekraf/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Deputi Bidang Kebijakan Strategis kembali menggelar Gerakan BISA sebagai wujud kepedulian terhadap pelaku ekonomi kreatif, serta upaya membangun kesiapan destinasi pariwisata menyambut era kenormalan baru.

Berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Kehutananan Provinsi Sulawesi Utara, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Minahasa, serta Dinas Pariwisata Kota Tomohon, Kemenparekraf berhasil mengajak 500 pelaku parekraf untuk turut andil dalam meningkatkan kebersihan, keindahan, kesehatan dan keamanan destinasi pariwisata.

Provinsi Sulawesi Utara menjadi titik pelaksanaan ke-14 dari seluruh rangkaian Gerakan BISA. Kegiatan tersebut dibuka secara serentak dari lima lokasi yaitu di Kabupaten Minahasa (Bukit Kasih Kanonang, Benteng Moraya, dan Sumaru Endo) dan Kota Tomohon (Taman Wisata Alam Kota Tomohon dan Gunung Mahawu).

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper