Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Buka Keberangkatan KA Jarak Jauh dari Jakarta, Ini Syaratnya

Secara total terdapat 19 KA jarak jauh yang diberangkatkan dari area Daop 1 Jakarta dengan rincian 9 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, 9 KA dari Stasiun Pasar Senen dan 1 KA dari Stasiun Jakarta Kota.
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta./Antara
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kembali membuka rute keberangkatan dari wilayah DKI Jakarta. Sejumlah persyaratan tetap diberlakukan sebagai pencegahan penularan Covid-19 di kluster angkutan umum.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengungkapkan calon penumpang juga harus memenuhi persyaratan sebelum melakukan perjalanan KA termasuk keberangkatan dari wilayah DKI Jakarta.

Persyaratan tersebut yakni, menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan), calon penumpang dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, menggunakan masker pribadi dan mengenakan pelindung wajah yang disediakan oleh KAI, mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan di dalam rangkaian KA.

"Serta calon penumpang dihimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik," jelasnya, Rabu (7/10/2020).

Sebagai antisipasi, pada setiap kereta juga telah dilengkapi ruang isolasi sementara jika selama perjalanan ada penumpang dengan suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celcius. Selanjutnya, penumpang dengan kondisi tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lanjutan.

PT KAI Daop 1 memastikan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 juga dilakukan dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta.

Seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan desinfektan secara rutin, kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik.

Pada Oktober 2020, KAI Daop 1 Jakarta kembali menjalankan beberapa kereta api (KA) untuk melayani masyarakat yang akan bepergian ke berbagai kota dengan penerapan protokol Covid-19 yang sangat ketat. 

Tarif KA yang dioperasikan dari wilayah DKI Jakarta kali ini sangat terjangkau, seperti KA yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan tarif mulai dari Rp49.000 dan KA dari Stasiun Gambir tarif mulai dari Rp85.000.

Secara total terdapat 19 KA jarak jauh yang diberangkatkan dari area Daop 1 Jakarta dengan rincian 9 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, 9 KA dari Stasiun Pasar Senen dan 1 KA dari Stasiun Jakarta Kota. Tujuan KA tersebut diantaranya tujuan Bandung, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Tegal, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Blitar dan Malang.

"Sejumlah 19 KA yang dioperasikan saat ini merupakan penyesuaian perjalanan KA pada masa Covid-19, dimana pada saat normal terdapat hingga 71 perjalanan KA per hari, 37 dari Stasiun Gambir, 27 dari Stasiun Pasar Senen, 3 dari Stasiun Jakarta Kota dan 4 KA tambahan yang dijalankan pada akhir pekan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper