Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pertamina : Kilang Tua Sebabkan Ongkos Produksi BBM Lebih Mahal

Pembangunan kilang baru dan juga pengembangan kilang yang ada diperlukan guna meningkatkan teknologi agar bisa memberi fleksibilitas penggunaan minyak mentah.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 06 Oktober 2020  |  06:28 WIB
Karyawan Pertamina melakukan pengecekan fasilitas kilang minyak. Istimewa -  Pertamina
Karyawan Pertamina melakukan pengecekan fasilitas kilang minyak. Istimewa - Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) menyebut kilang-kilang tua yang dimiliki saat ini menjadi salah satu penyebab mahalnya ongkos produksi bahan bakar minyak.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa kilang tua yang beroperasi saat ini, membutuhkan pasokan minyak mentah yang memiliki kadar sulfur rendah atau sweet crude.

Di seluruh dunia, katanya, jenis minyak mentah tersebut hanya tersedia sekitar 3 persen dari total yang ada.

"Ini menyebabkan harga yang lebih tinggi karena supply demand yang kurang seimbang," katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, Senin (5/10/2020).

Untuk itu, pembangunan kilang baru dan juga pengembangan kilang yang ada diperlukan guna meningkatkan teknologi agar bisa memberi fleksibilitas penggunaan minyak mentah.

"Diharapkan dari pembangunan ini harga crude [minyak mentah] dapat ditekan yang ujungnya berpengaruh terhadap harga pokok penjualan yang nanti diharapkan harga BBM bisa dapat kompetitif," kata Nicke.

Sementara itu, Direktur Utama Kilang Pertamina International Ignatius Tallulembang menjelaskan bahwa pada saat ini Pertamina mengolah 1 juta barel minyak per hari (bph) dengan kilang-kilang yang ada.

Nantinya dengan empat proyek refinery development masterplan (RDMP) dan satu grass root refinery (GRR) akan meningkatkan kapasitas pengolah menjadi 1,8 juta bph dan juga meningkatkan kualitas kilang sehingga dapat mengolah jenis sulfur yang lain.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kilang minyak
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top