Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pengembang Listrik Bendungan Tunggu Perpres Energi Terbarukan

Sejumlah proyek PLTMH mengalami hambatan dalam pelaksanaan, salah satunya akibat regulasi yang lama yaitu Permen ESDM Nomor 50/2017 tentang energi baru terbarukan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 28 September 2020  |  19:49 WIB
Bendungan Tapin, salah satu bendungan yang pengerjaannya dilakukan oleh PT Brantas Abipraya (Persero) -  Dok. Istimewa
Bendungan Tapin, salah satu bendungan yang pengerjaannya dilakukan oleh PT Brantas Abipraya (Persero) - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Pengembang proyek listrik dari sumber energi baru terbarukan termasuk dari proyek bendungan atau pembangkit listrik tenaga mikro hidro masih menunggu peraturan presiden yang mengatur regulasi terkait.

Ketua Asosiasi Pengembang Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Riza Husni menjelaskan bahwa saat ini proyek PLTMH yang ada di Indonesia seluruhnya sedang berproses.

"Saat ini proyek-proyek PLTMH dari bendungan masih dalam proses. Banyak yang menunggu peraturan presiden terkait percepatan energi terbarukan, yang katanya akan segera terbit," ujarnya kepada Bisnis, Senin (28/9/2020).

Riza mengakui bahwa sejumlah proyek PLTMH mengalami hambatan dalam pelaksanaan, salah satunya akibat regulasi yang lama yaitu Permen ESDM Nomor 50/2017 tentang energi baru terbarukan pada era Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Kemudian, setelah terbit Permen ESDM Nomor 4/2020 pada Maret lalu yang merupakan revisi dari aturan era Jonan, pengembang kembali melanjutkan tahapan pelaksanaan proyek PLTMH.

Namun, karena regulasi teknis atau petunjuk pelaksana (Juklak) dari PT PLN (Persero) berupa peraturan direktur baru terbit pada bulan lalu sehingga Riza menyebutkan pelaksanaan proyek PLTMH kini masih mengikuti perkembangan aturan baru tersebut.

"Rasanya semua masih berproses karena Juklak berupa Peraturan Direktur PLN tentang energi terbarukan juga baru diterbitkan bulan lalu," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi terbarukan
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top