Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berkat Tol, Jarak Pekanbaru-Dumai ‘Terdiskon’ 34 Persen dari Sebelumnya

Menurut Presiden, keberadaan jalan tol ini sudah mengundang minat investor untuk berinvestasi mengembangkan usahanya di sepanjang jalur tol.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 25 September 2020  |  15:09 WIB
Truk berada di gerbang tol Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat (21/2 - 2020). Ruas tol Pekanbaru/Dumai ditargetkan rampung pada April 2020. Peningkatan infrastruktur termasuk lewat Trans Sumatra diharapkan bisa meningkatkan perekonomian dan dongkrak daya saing Indonesia. Bisnis/Agne Yasa.
Truk berada di gerbang tol Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat (21/2 - 2020). Ruas tol Pekanbaru/Dumai ditargetkan rampung pada April 2020. Peningkatan infrastruktur termasuk lewat Trans Sumatra diharapkan bisa meningkatkan perekonomian dan dongkrak daya saing Indonesia. Bisnis/Agne Yasa.

Bisnis.com, JAKARTA — Waktu tempuh antara Kota Pekanbaru ke Kota Dumai Provinsi Riau akan menjadi lebih singkat berkat rampungnya proyek jalan tol di wilayah tersebut.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa proyek tol senilai Rp12,18 triliun ini sudah selesai dibangun dan kini dapat beroperasi penuh untuk dimanfaatkan masyarakat setempat dan yang melintasi Sumatra.

"Tol ini adalah bagian dari tol Trans-Sumatra sepanjang 2.878 kilometer yang membentang dari Lampung sampai Aceh untuk koridor utamanya. Tol ini perpendek jarak tempuh Pekanbaru—Dumai dari sebelumnya 200 kilometer di jalan nasional menjadi 131 kilometer melalui jalan tol," ujar Jokowi di Istana Bogor saat peresmian jalan tol tersebut yang dilaksanakan secara virtual, Jumat (25/9/2020).

Menurut Presiden, jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas antara Pekanbaru sebagai kota perdagangan dan jasa dengan Dumai yang merupakan kota pelabuhan sentra agribisnis yang maju serta pengolahan industri kawasan perkebunan di sekitarnya.

Dengan adanya jalan tol, kendaraan industri seperti truk pengangkut tandan buah segar kelapa sawit, truk pengangkut minyak sawit atau CPO, angkutan logistik, serta angkutan penumpang akan lebih efisien dari segi waktu dan biaya setelah melalui jalan bebas hambatan ini.

"Saya juga mendapatkan laporan bahwa keberadaan jalan tol ini sudah mengundang minat investor untuk berinvestasi mengembangkan usahanya di sepanjang jalur tol," ujar Jokowi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol pekanbaru-dumai
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top