Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Optismistis Bisa Capai Target PLTS di 1 Juta Atap

pemerintah optimistis target 1 juta atap bisa terealisasikan, mengingat aturan-aturan terkait dengan penyempurnaan-penyempurnaan dari penggunaan EBT.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 25 September 2020  |  02:11 WIB
Petugas memeriksa panel surya di PLTS Gili Trawangan - Bisnis/David E. Issetiabudi
Petugas memeriksa panel surya di PLTS Gili Trawangan - Bisnis/David E. Issetiabudi

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki tahun ketiga Gerakan Nasional Satu Juta Surya Atap, pemerintah masih optimistis bisa merealisasikan target tersebut.

Direktur Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Hariyanto menjelaskan pihaknya terus berupaya untuk mendorong penggunaan pembangkit listrik tenaga surya atap.

Dia menuturkan, Kementerian ESDM tengah menginventarisasi pemanfaatan atap untuk instalasi PLTS atap.

"Seperti di hotel, rumah sakit, dan gedung perkantoran, bandara, pelabuham, pergudangan. Hasilnya sementara ini cukup besar potensi yang bisa diterapkan untuk surya atap," katanya dalam webinar peringatan 3 tahun GNSSA, digelar Kamis (24/9/2020). 

Selain itu, pihaknya tengah mengkomunikasikan sejumlah pihak terkait dengan gerakan surya Nusantara yang bakal mendorong realisasi 1 juta atap.

"Mudah-mudahan kalau itu bisa terlaksana ini bisa memecahkan telur sejuta atap tadi, karena yang kita desain adalah 500.000 hingga 1 juta atap untuk tahun pertama untuk perencanaannya," jelasnya.

Hariyanto menuturkan pemerintah optimistis target 1 juta atap bisa terealisasikan, mengingat aturan-aturan terkait dengan penyempurnaan-penyempurnaan dari penggunaan EBT.

Dia menambahkan, sosialisasi penggunakan energi hijau akan terus digaungkan untuk lebih memotivasi masyarakat beralih dari energi konvensional.

"Untuk energi surya ini kami dari pemerintah berkeyakinan target itu bsia direalisasikan," ungkapnya.



Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

esdm plts tenaga surya
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top