Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

#MelajuBersamaGojek, UMKM Dapat Akses Modal ke Bank

Gojek Indonesia kian serius menunjukkan komitmen gotong royong dan dukungan untuk UMKM.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 23 September 2020  |  18:48 WIB
Foto: (kiri-kanan) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI - Airlangga Hartarto, Chief Public Policy & Government Relations Gojek - Shinto Nugroho, Mitra usaha Gojek-Azizah Haerasari,  dalam acara Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Mitra Platform Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan  diadakan di Jakarta, Rabu (23 - 9).
Foto: (kiri-kanan) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI - Airlangga Hartarto, Chief Public Policy & Government Relations Gojek - Shinto Nugroho, Mitra usaha Gojek-Azizah Haerasari, dalam acara Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Mitra Platform Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan diadakan di Jakarta, Rabu (23 - 9).

Bisnis.com, JAKARTA -  Gojek Indonesia kian serius menunjukkan komitmen gotong royong dan dukungan untuk UMKM #MelajuBersamaGojek melalui kemitraan dengan pemerintah. Perusahaan super app kembali dipercaya menjadi mitra pilihan pemerintah untuk memfasilitasi pemberian kredit bagi pelaku usaha UMKM untuk menjaga kelangsungan usaha di masa pandemi.

Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek mengatakan bahwa Gojek senantiasa mendukung sektor UMKM agar dapat mengakses program kredit usaha rakyat (KUR) dengan suku bunga 0 persen, inisiatif dari Kementerian Koordinator Perekonomian yang disalurkan oleh bank milik pemerintah yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Hal ini, tuturnya, merupakan sebuah dukungan luar biasa Pemerintah untuk UMKM dengan memberikan tambahan subsidi untuk para Penerima KUR dan calon Penerima KUR Super Mikro ini.

Secara berkala, pihaknya akan menjangkau mitra usaha melalui kanal informasi resmi mitra usaha Gojek dan berharap agar mitra UMKM dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk menjaga perputaran usaha.

“Sebagai bagian dari inisiatif #MelajuBersamaGojek yang merupakan dukungan komprehensif dan inklusif kami ke mitra UMKM, Gojek sangat berbangga hati dapat kembali dipercaya menjadi mitra pilihan pemerintah untuk memfasilitasi kesempatan bagi para mitra usaha Gojek mengakses program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro.,” ujarnya, Rabu (23/9/2020).

Dia melanjutkan, semangat gotong royong melandasi berbagai kemitraan Gojek memang bertujuan mendorong perekonomian digital melalui pertumbuhan UMKM. 

Beberapa hal yang telah dilakukan oleh perusahaan ini seperti memberikan kesempatan untuk peningkatan kapasitas melalui program pelatihan, membantu memperluas akses pasar para pelaku UMKM dan pasar tradisional, sekaligus mensukseskan program pemerintah seperti Gerakan #BanggaBuatanIndonesia (BBI) dan Toko Mitra Tani.

Selama pandemi, UMKM yang berada di ekosistem Gojek lebih mudah beradaptasi selama pandemi berkat solusi komprehensif dan inklusif yang mencakup inovasi teknologi dan non-teknologi sehingga lebih cepat beradaptasi, bahkan tetap bertumbuh di masa pandemi. Gojek, tuturnya, juga menjawab kebutuhan dan adaptasi masyarakat untuk berwirausaha serta mempercepat transformasi UMKM go online.

Keberhasilan Gojek mendukung UMKM  juga  tercermin di hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) bertajuk “Peran Ekosistem Gojek di Ekonomi Indonesia Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19”.

Riset menunjukan bahwa Gojek menjadi pilihan mitra UMKM untuk bertahan dan bertumbuh selama adaptasi dimana 92 persen dari UMKM mengatakan mereka mampu beradaptasi lebih cepat dalam pandemi karena Gojek, dan hampir 50 persen mengatakan mereka tidak akan dapat bertahan jika mereka bukan bagian dari ekosistem Gojek.

Azizah Haerasari, pemilik Tanghot, Jakarta, mitra GoFood, dan salah satu debitur Pinjaman Mikro Bank Himbara mengatakan, “Selama masa pandemi, saya bersyukur tetap dapat menjaga transaksi usaha kuliner saya bersama layanan pesan antar makanan GoFood. Saya beradaptasi dengan menggunakan fitur promosi GoFood untuk meningkatkan permintaan konsumen dan meningkatkan protokol kebersihan di kedai saya untuk menjaga kepercayaan konsumen.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm digitalisasi Gojek
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top