Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ditutup Akibat Covid-19, Pabrik Epson Pekerjakan Hampir 14.000 Karyawan

Pabrik Epson di Cikarang ditutup selama 2 pekan akibat 269 karyawannya positif terpapar Covid-19. Fasilitas produksi yang telah diperluas pada 2016 tersebut saat ini memiliki hampir 14.000 orang.
Epson meresmikan pabrik perluasan untuk memproduksi printer pada 2016. /Indonesia Epson
Epson meresmikan pabrik perluasan untuk memproduksi printer pada 2016. /Indonesia Epson

Bisnis.com, JAKARTA - Pabrik Epson di Cikarang ditutup selama 2 pekan akibat 269 karyawannya positif terpapar Covid-19. Fasilitas produksi yang telah diperluas pada 2016 tersebut saat ini memiliki hampir 14.000 orang.

"Operasional perusahaan ditutup mulai 19 September sampai 2 Oktober," kata Juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Bekasi Alamsyah ketika dihubungi pada Senin (21/9/2020).

Alamsyah menuturkan, kasus pertama di pabrik yang memproduksi barang elektronik itu ditemukan pada 6 September 2020. Oleh karena itu, Satgas lalu melakukan tracking, testing dan tracing secara massal kepada lebih dari 4.000 buruh di sana.

Hasilnya, sebanyak 369 buruh terkonfirmasi positif Corona. Sebanyak 238 di antaranya merupakan penduduk Kabupaten Bekasi, selebihnya berdomisili di luar.

Pabrik Epson di Cikarang berada di bawah bendera PT Indonesia Epson Industry, yang merupakan anak perusahaan dari Seiko Epson Coorporation. Pada 5 Februari 2009, Pabrik Indonesia Epson Industry mendapat kunjungan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada saat itu, Presiden mengharapkan pabrik ini menghasilkan produk dengan kandungan lokal 100 persen. "Saya ingin 2011, seratus persen sudah menggunakan local contents. Saya akan sangat berterima kasih."

Produk Epson mencakup produk untuk segmen ritel dan bisnis, seperti IDM, printer inkjet, printer laser, large format printer, proyektor, hingga scanner.

Pada Jumat (22/4/2016), Epson meresmikan pabrik baru di Kawasan Industri EJIP, Cikarang. Pabrik ini memproduksi printer. Pembangunan pabrik tersebut menelan investasi US$30 juta, yang menambah total investasi Epson di Indonesia menjadi sekitar US$94,6 juta atau sekitar Rp1,25 triliun.

Epson adalah vendor tangki tinta nomor satu di Indonesia dan Asia Tenggara, menurut penyedia intelijen pasar global IDC. Epson juga menunjukkan kepemimpinan pasar dan inovasi unggul yang berkelanjutan dalam industri inkjet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper