Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Apa Saja Persiapan Aman Naik Bus di Era Adaptasi “New Normal”?

Salah satu yang bisa dilakukan kembali pada era AKB ini, misalnya bepergian ke suatu destinasi menggunakan moda transportasi bus. Berikut tips agar tetap aman selama berpergian.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 11 September 2020  |  15:27 WIB
Ilustrasi - Clapway
Ilustrasi - Clapway

Bisnis.com, SEMARANG - Setelah lebih kurang setengah tahun pandemi berlangsung, kini kita telah memasuki suatu era baru bernama adaptasi kebiasaan baru (AKB). Di masa inilah, kita bisa kembali beraktivitas dengan tentunya selalu menerapkan protokol kesehatan. 

Salah satu yang bisa dilakukan kembali pada era AKB ini, misalnya bepergian ke suatu destinasi menggunakan moda transportasi bus. Ingin tahu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum naik bus ke luar suatu kota atau luar provinsi di era AKB? Simak ulasannya berikut ini: 

  1. Ketahui regulasi di daerah asal dan tujuan Anda

Satu aspek krusial saat akan bepergian adalah dengan mengetahui terlebih dahulu peraturan atau syarat bepergian. Tidak hanya di daerah tujuan, tetapi ketahui juga apa saja hal yang berlaku di daerah asal keberangkatan Anda. Ini semua bertujuan agar perjalanan Anda terasa aman dan nyaman, tanpa perlu menemui hambatan saat dalam perjalanan. 

  1. Siapkan tanda pengenal yang sah (KTP)

Jangan lupa mempersiapkan tanda pengenal yang sah terutama KTP. Selain untuk proses verifikasi saat naik bus maupun di destinasi tujuan, tanda pengenal ini akan memudahkan jika sewaktu-waktu terjadi hal tak diinginkan selama perjalanan. 

  1. Selalu pakai masker

Hal yang juga penting saat bepergian naik bus adalah menggunakan masker sesuai dengan standar, setidaknya masker yang terdiri dari 3 lapisan. Masker yang bisa digunakan bisa masker kain atau pun masker sekali pakai. Pastikan masker yang Anda gunakan ini bersih dan steril. Ganti masker Anda setelah penggunaan 4 jam atau ketika masker sudah dirasa kotor atau basah. 

Usahakan pula membawa masker lebih dari satu agar dapat menggantinya dengan mudah. Siapkan kantong khusus untuk masker bersih dan kantong khusus masker kotor yang berbahan plastik dan tertutup.  

  1. Membawa hand sanitizer

Hal krusial lain saat bepergian adalah melakukan cuci tangan sesering mungkin. Lebih baik jika dilakukan dengan air mengalir, namun jika tidak, Anda bisa membawa hand sanitizer sendiri. 

Anda juga bisa membawa sabun cuci tangan cair dengan kemasan praktis (misal: sachet) sendiri untuk mengantisipasi entah pada saat perjalanan, di tempat pemberhentian, atau di terminal tidak menemukan sabun untuk mencuci tangan. 

  1. Jangan  lupa unduh aplikasi PeduliLindungi

Dalam melakukan perjalanan, sebaiknya Anda juga mengunduh aplikasi PeduliLindungi yang didukung oleh Kementerian Kominfo, Kementerian Kesehatan, BNPB, dan sejumlah institusi lainnya. 

Itulah sejumlah hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan ke suatu kabupaten, kota, atau provinsi. Jika Anda sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin maka perjalanan akan terasa aman dan nyaman baik untuk Anda sendiri dan untuk orang lain. 

Untuk memesan bus untuk perjalanan di masa sekarang atau mendatang, Anda bisa memilih agen tiket bus dengan penawaran terbaik di Traveloka, yang memiliki layanan Clean Trip untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para penumpang. 

Mitra-mitra Traveloka Clean Trip telah menerapkan langkah kebersihan yang ketat, seperti desinfeksi bus secara rutin dan menyeluruh, pengecekan suhu tubuh sebelum keberangkatan, dan lain sebagainya. Dengan berbagai langkah pencegahan tersebut, tentunya Anda jadi tak perlu cemas lagi saat bepergian dengan moda transportasi bus ke destinasi tujuan Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling Traveloka
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top