Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PSBB Jakarta, Gojek & Grab Harap-Harap Cemas Tunggu Aturan Baru

Gojek dan Grab sedang menunggu aturan baru soal operasional transportasid daring selama masa PSBB Jakarta yang kembali diterapkan mulai pekan depan.
Pengemudi ojek online menunggu penumpang di Jakarta, Senin (3/2/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pengemudi ojek online menunggu penumpang di Jakarta, Senin (3/2/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Dua aplikator transportasi daring mengaku sedang menunggu kebijakan Pemprov DKI Jakarta terkait dengan nasib operasinya saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total berlaku mulai pekan depan.

Nila Marita, Chief of Corporate Affairs Gojek menyatakan, perusahaan selalu siap untuk menaati Peraturan Pemerintah Pusat dan Daerah.

“Saat ini, kami masih menunggu Peraturan Gubernur DKI Jakarta mengenai PSBB pada 14 September 2020. Gojek terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendukung pencegahan penyebaran Covid-19,” ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Kamis (10/9/2020).

Sejak awal, Nila mengatakan bahwa perusahaan telah sigap beradaptasi menyesuaikan operasionalnya mengikuti kondisi dan kebutuhan masyarakat menghadapi pandemi dengan mewajibkan seluruh ekosistemnya termasuk mitra driver untuk selalu mengedepankan protokol Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan (J3K).

Dari sisi teknologi, pengaturan geofencing yang dimiliki Gojek dapat memastikan layanan tidak dapat beroperasi pada wilayah yang ditetapkan sebagai wilayah pengendalian ketat berskala lokal (zona merah).

“Kami juga melengkapi inovasi tersebut dengan berbagai inisiatif yang dapat mendukung produktivitas masyarakat dengan tetap memperhatikan prosedur pencegahan secara menyeluruh,” ujarnya

Sementara itu, Uun Ainurrofiq, Head of Government Affairs Grab Indonesia mengatakan perusahaan telah mengetahui bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kembali menerapkan PSBB penuh sehingga mereka masih menunggu surat keterangan dari pemerintah terkait operasional ride hailing pada saat PSBB total.

“Grab sedang berdiskusi tentang kebijakan yang akan kami ambil sementara menunggu keputusan dari Pemerintah. Tentunya kami akan terus mengikuti dan mendukung kebijakan pemerintah memperbaiki situasi terkait. Kami akan terus menginformasikan langsung ke masyarakat terkait perkembangannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper