Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TransNusa Setop Operasi Sementara, Kemenhub Yakin Tak Menjalar ke Maskapai Lain

Kementerian Perhubungan meyakini penghentian sementara operasional TransNusa tak akan merembet ke maskapai lain.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 06 September 2020  |  17:07 WIB
Gedung Kementerian Perhubungan. - Istimewa
Gedung Kementerian Perhubungan. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Mendengar kabar maskapai TransNusa berhenti operasi sementara, Kementerian Perhubungan memastikan hal ini tidak akan menjalar ke maskapai lainnya karena tingkat isian penumpang maskapai lain diklaim cukup baik.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto mengatakan jika ada maskapai seperti TransNusa yang memilih berhenti beroperasi sementara di tengah pandemi, itu merupakan kebijakan bisnis masing-masing maskapai.

"Itu urusannya Business-to-Business (B2B) mereka berhenti beroperasi karena kajian dan sebagainya, intinya kalau dari kami mereka harus tanggung jawab hal-hal yang harus dikembalikan ke penumpang," jelasnya kepada Bisnis, Minggu (6/9/2020).

Novie melanjutkan pilihan TransNusa atau maskapai lainnya untuk berhenti beroperasi bisa jadi karena kondisi penumpang yang belum banyak, sehingga nilai keekonomiannya belum mencukupi untuk kembali terbang.

Menurutnya, penghentian operasi sementara ini tidak akan terjadi pada maskapai lain, karena seluruh maskapai terus berkoordinasi dengan Kemenhub dan tingkat keterisian penumpang yang terus meningkat.

"Itu monggo saja, mungkin kondisinya penumpang tidak banyak. Yang penting saya rasa maskapai yang lain tidak ada, masih oke-oke, kami juga memberikan kemudahan-kemudahan, bersama-samalah," papar Novie.

Kemenhub juga masih akan memantau kondisi lanjutan dari TransNusa, karena regulator belum mendapatkan pemberitahuan secara resmi dari operator pesawat tersebut.

PT TransNusa Aviation Mandiri, pemilik usaha maskapai TransNusa, memilih melakukan penutupan sementara aktivitas operasionalnya selama periode 8-30 September 2020.

Dari bocoran surat untuk agen travel-nya, yang ditandatangani pada 5 September 2020, TransNusa mengumumkan penghentian operasional sementara penerbangan menggunakan maskapainya. Surat tersebut ditandatangani Head of Sales & Revenue Management Rajasegaran Rajoo.

Alasannya, memperhatikan kasus pandemi Covid-19 yang masih merebak dan cenderung meningkat di seluruh provinsi di Indonesia. TransNusa menyampaikan penutupan sementara operasional seluruh penerbangan maskapai tersebut sampai keadaan benar-benar pulih dan adanya vaksin yang bisa memastikan pandemi Covid-19 di Indonesia akan segera berakhir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub trans nusa
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top