Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TransNusa Setop Operasi Sementara, Kemenhub Yakin Tak Menjalar ke Maskapai Lain

Kementerian Perhubungan meyakini penghentian sementara operasional TransNusa tak akan merembet ke maskapai lain.
Gedung Kementerian Perhubungan./Istimewa
Gedung Kementerian Perhubungan./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Mendengar kabar maskapai TransNusa berhenti operasi sementara, Kementerian Perhubungan memastikan hal ini tidak akan menjalar ke maskapai lainnya karena tingkat isian penumpang maskapai lain diklaim cukup baik.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto mengatakan jika ada maskapai seperti TransNusa yang memilih berhenti beroperasi sementara di tengah pandemi, itu merupakan kebijakan bisnis masing-masing maskapai.

"Itu urusannya Business-to-Business (B2B) mereka berhenti beroperasi karena kajian dan sebagainya, intinya kalau dari kami mereka harus tanggung jawab hal-hal yang harus dikembalikan ke penumpang," jelasnya kepada Bisnis, Minggu (6/9/2020).

Novie melanjutkan pilihan TransNusa atau maskapai lainnya untuk berhenti beroperasi bisa jadi karena kondisi penumpang yang belum banyak, sehingga nilai keekonomiannya belum mencukupi untuk kembali terbang.

Menurutnya, penghentian operasi sementara ini tidak akan terjadi pada maskapai lain, karena seluruh maskapai terus berkoordinasi dengan Kemenhub dan tingkat keterisian penumpang yang terus meningkat.

"Itu monggo saja, mungkin kondisinya penumpang tidak banyak. Yang penting saya rasa maskapai yang lain tidak ada, masih oke-oke, kami juga memberikan kemudahan-kemudahan, bersama-samalah," papar Novie.

Kemenhub juga masih akan memantau kondisi lanjutan dari TransNusa, karena regulator belum mendapatkan pemberitahuan secara resmi dari operator pesawat tersebut.

PT TransNusa Aviation Mandiri, pemilik usaha maskapai TransNusa, memilih melakukan penutupan sementara aktivitas operasionalnya selama periode 8-30 September 2020.

Dari bocoran surat untuk agen travel-nya, yang ditandatangani pada 5 September 2020, TransNusa mengumumkan penghentian operasional sementara penerbangan menggunakan maskapainya. Surat tersebut ditandatangani Head of Sales & Revenue Management Rajasegaran Rajoo.

Alasannya, memperhatikan kasus pandemi Covid-19 yang masih merebak dan cenderung meningkat di seluruh provinsi di Indonesia. TransNusa menyampaikan penutupan sementara operasional seluruh penerbangan maskapai tersebut sampai keadaan benar-benar pulih dan adanya vaksin yang bisa memastikan pandemi Covid-19 di Indonesia akan segera berakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper