Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

THE World University Ranking: UI Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Sebanyak 1.500 perguruan tinggi di 93 negara di dunia yang masuk ke dalam pemeringkatan THE WUR 2021.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 September 2020  |  16:56 WIB
Rektorat UI (ANTARA - Foto: Feru Lantara)
Rektorat UI (ANTARA - Foto: Feru Lantara)

Bisnis.com, JAKARTA – Universitas Indonesia masuk menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam kelompok peringkat 801 - 1000 dunia versi Times Higher Education (THE).

Hal tersebut berdasarkan daftar World University Rankings (WUR) 2021 yang dirilis oleh Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia THE. Adapun, daftar lengkapnya bisa dilihat di laman https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings.

Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Ari Kuncoro mengatakan ini merupakan pencapaian besar dan menunjukkan bahwa Indonesia dan UI khususnya, semakin dikenal masyarakat global dan tetap menjadi yang terbaik di Indonesia.

Ari mengemukakan UI tetap berkomitmen menghadirkan solusi atas permasalahan Covid-19 melalui aktivitas inovasi, riset, dan pengabdian masyarakat.

"Kontribusi para tenaga pengajar, peneliti, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta berkolaborasi dengan industri, pemerintah, dikutip dari Antara, Sabtu (5/9/2020).

UI berada dalam kelompok peringkat 801 - 1000 dunia dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia. UI menjadi satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk ke dalam grup ini.

Sebanyak 1.500 perguruan tinggi di 93 negara di dunia masuk ke dalam pemeringkatan THE WUR 2021. Lembaga pemeringkatan THE secara konsisten menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan performa pengajaran (kegiatan belajar mengajar); penelitian; transfer dan sharing keilmuan serta cakupan internasional sebuah universitas.

UI memperoleh total skor 25,1 – 30,1 dengan capaian per indikator yaitu performa pengajaran 37,6, penelitian 20,7, performa sitasi karya ilmiah 15,2, sinergi dunia industri 84,5, dan cakupan internasionalisasi 51,3. Performa UI yang paling menonjol adalah performa sinergi dunia industri.

THE menggunakan indikator ini untuk menilai kemampuan universitas di dalam mendukung industri melalui terobosan inovasi, penemuan maupun ide atas kebutuhan industri maupun masyarakat. UI berfokus agar dapat menjadi think tank serta memecahkan permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Dengan fokus pada tiga rumpun penelitian yaitu penelitian kesehatan, sosial humaniora dan sains teknologi, UI berkomitmen menghasilkan solusi yang bermanfaat bagi industri serta masyarakat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

universitas indonesia

Sumber : Antara

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top