Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bantu Belanja Pekerja, Kadin Usul Kemudahan Akses JHT

Saat ini JHT hanya bisa diakses bagi karyawan yang bekerja di atas 10 tahun. Diharapkan persyaratan tersebut diperlonggar untuk memudahkan akses bantuan bagi pekerja,
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 25 Agustus 2020  |  17:00 WIB
Pegawai melintasi logo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Cabang BP Jamsostek di Menara Jamsostek, Jakarta, Jumat (10/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pegawai melintasi logo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Cabang BP Jamsostek di Menara Jamsostek, Jakarta, Jumat (10/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengusulkan persyaratan pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan dapat dipermudah untuk meningkatkan konsumsi masyarakat.

Wakil Ketua Kadin Sinta Kamdani menyampaikan kondisi perusahaan saat pandemi mengharuskan adanya penghematan operasional, salah satunya merumahkan karyawan. Oleh karena itu, pendapatan pekerja secara otomatis terpangkas.

"Kondisi saat ini banyak karyawan dirumahkan. Pengusaha juga gak mampu kalau PHK, karena ada tunjangannya. Dalam kondisi seperti ini, BPJS Ketenagakerjaan ada dana besar di JHT, harapannya itu dipermudah pencairannya," paparnya, Selasa (25/8/2020).

Menurut Sinta, saat ini JHT hanya bisa diakses bagi karyawan yang bekerja di atas 10 tahun. Diharapkan persyaratan tersebut diperlonggar untuk memudahkan akses bantuan bagi pekerja, meskipun belum mencapai 10 tahun usia kerja.

Dia menyampaikan kunci memacu perekonomian ialah membuat permintaan. Oleh karena itu, penting bagi para pekerja yang memerlukan adanya subsidi gaji.

Kadin yang membawahi berbagai asosiasi sektoral, sambung Sinta, sudah mengusulkan kebutuhan masing-masing bidang usaha. Pasalnya, tidak semua solusi berfungsi untuk seluruh sektor bisnis secara keseluruhan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kadin jaminan hari tua bpjs ketenagakerjaan
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top