Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gubernur BI Lantik 11 Pengurus ISEI

Pada kesempatan tersebut, Perry Warjiyo juga menyampaikan bahwa gotong royong dan penguatan sinergi kebijakan nasional diperlukan dalam mendorong pemulihan ekonomi dari dampak Covid-19.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 22 Agustus 2020  |  16:04 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan pidato penutupan pada Seminar Nasional dan Kongres ISEI XX di Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/8). Perry Warjiyo secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) periode 2018-2021. - JIBI/Rachman
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan pidato penutupan pada Seminar Nasional dan Kongres ISEI XX di Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/8). Perry Warjiyo secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) periode 2018-2021. - JIBI/Rachman

Bisnis.com,JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) yang juga Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo pada Sabtu (22/8/2020) melantik 11 pengurus cabang ISEI daerah secara virtual.

Pada kesempatan tersebut, Perry Warjiyo juga menyampaikan bahwa gotong royong dan penguatan sinergi kebijakan nasional diperlukan dalam mendorong pemulihan ekonomi dari dampak Covid-19. Sinergi kebijakan nasional tersebut diperlukan untuk pembukaan sektor produktif dan aman, percepatan realisasi APBN dan APBD, (program restrukturisasi kredit & dunia usaha, stimulus moneter dan makroprudensial, serta digitalisasi UMKM, ekonomi, dan keuangan.

Lebih lanjut, Perry Warjiyo menyampaikan bahwa agar ISEI dapat lebih berkontribusi nyata bagi kemajuan ekonomi nasional, diperlukan tiga strategi utama pengembangan ISEI. Pertama, penguatan peran ISEI dalam perumusan kebijakan. Kedua, penguatan peran ISEI untuk meningkatkan kualitas akademis dan riset di perguruan tinggi, serta ketiga, penguatan kerjasama ISEI dengan lembaga professional lain di tingkat daerah, nasional dan internasional.

"Untuk menjawab arah pengembangan tersebut, kepengurusan ISEI diisi oleh kalangan akademisi, bisnis dan pemerintah sebagai tulang punggung penguatan sinergi antara ISEI dan pengampu kebijakan di pusat dan daerah," katanya seperti dikutip dalam rilis, Sabtu (22/8/2020).

Pelantikan 11 pengurus cabang ISEI yang dilakukan adalah untuk provinsi Lhokseumawe, Banten, Cirebon, Salatiga, Surakarta, Bali, Palu, Gorontalo, Maluku, Papua, Papua Barat. Didirikan sejak 14 Januari 1955, hingga saat ini ISEI memiliki 55 Cabang tersebar di Provinsi, Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia.

Dalam rentang waktu yang panjang sudah cukup banyak peran dan sepak terjang ISEI dalam perjuangan pembangunan ekonomi Nasional. Hal ini sesuai dengan manifesto ISEI agar mengambil peran positif untuk kemajuan kesejahteraan masyarakat, mengembangkan Ilmu Ekonomi, dan menyampaikan pemikiran-pemikiran ekonomi yang sejalan dengan falsafah Pancasila.

"Ke depan, ISEI akan terus melakukan transformasi untuk dapat berkontribusi nyata bagi perekonomian Indonesia," katanya.

Sebagai rangkaian kegiatan, juga dilakukan diskusi publik dengan tema Sinergi Kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional Di Era Kenormalan Baru oleh Perry Warjiyo dan bertindak sebagai moderator Anggito Abimanyu selaku Ketua Bidang 1 Pengurus Pusat ISEI.

Kegiatan diskusi publik tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada pengurus dan anggota ISEI mengenai langkah sinergi kebijakan pemulihan ekonomi nasional di era kenormalan baru.

Diskusi publik aktif diikuti oleh Pengurus ISEI dari seluruh dunia, termasuk Papua, Gorontalo, Sulteng, dan Bali yang mengangkat upaya-upaya lanjutan yang dapat dilakukan dalam pemulihan ekonomi nasional menghadapi Covid-19

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia perry warjiyo isei
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top