Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dukung Pemulihan Ekonomi dari Pandemi Covid-19, Ini Usulan ISEI

Ketiga usulan itu yakni digitalisasi ekonomi, pembangunan ekonomi dari daerah, dan membangu kekuatan ekonomi kreatif
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 30 Mei 2020  |  02:00 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan pidato penutupan pada Seminar Nasional dan Kongres ISEI XX di Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/8). Perry Warjiyo secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) periode 2018-2021. - JIBI/Rachman
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan pidato penutupan pada Seminar Nasional dan Kongres ISEI XX di Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/8). Perry Warjiyo secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) periode 2018-2021. - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) mengusulkan tiga langkah untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional yang melambat akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Usulan tersebut disampaikan dalam halalbihalal Hari Raya Idulfitri 1441 H keluarga besar ISEI, pada hari ini (29/5/2020). Acara digelar secara virtual.

Ketua Umum ISEI Perry Warjiyo mengatakan setidaknya ada tiga hal yang dapat dilakukan di masa kenormalan baru (new normal).  PertamaPerry menyebut Indonesia perlu mengangkat digitalisasi, khususnya bagi sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Ke depan kita perlu melahirkan “new UMKM” yang berbasis pada digital,” ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (30/5/2020). 

Kedua, pembangunan ekonomi dari daerah dinilai sangat penting. Hal ini termasuk melakukan inovasi di berbagai sektor ekonomi. 

Ketiga, Indonesia juga perlu membangun kekuatan ekonomi kreatif di masa kenormalan baru.

Dalam kesempatan halalbihalal virtual, ISEI juga mendengarkan pandangan dari Dewan Penasihat, yaitu Burhanuddin Abdullah dan Muliaman D. Hadad serta dari Dewan Pengawas, yaitu Halim Alamsyah dan Wimboh Santoso. 

Mereka menyampaikan bahwa ISEI perlu memikirkan rumusan kebijakan yang dapat menciptakan kesejahteraan. 

Berbagai sumbangan ide/pemikiran sangat dibutuhkan, terutama pemikiran untuk mengoptimalkan peran sektor-sektor tertentu, khususnya UMKM, sebagai lokomotif perekonomian. 

ISEI juga diharapkan dapat mengkaji kembali sistem ekonomi saat ini untuk menjawab tantangan masa depan pascapandemi Covid-19.

Kondisi pandemi saat ini merupakan momentum bagi ISEI untuk dapat berperan nyata menghasilkan pemikiran-pemikiran baru dan menghadirkan arsitektur perekonomian baru.

Langkah dan kontribusi ISEI yang dilakukan oleh ISEI antara lain dengan menggali pemikiran strategis untuk mendukung analisis dan perumusan kebijakan, menyelenggarakan joint public lecture, pelatihan akademis dan profesi, focus group discussion, serta berbagai webinar mengenai dampak sosial, ekonomi, dan penanganan COVID di berbagai daerah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perry warjiyo isei New Normal
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top