Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pesawat ATR/72-600 Wings Air Mendarat Mulus di Bandara Toraja

Pendaratan pesawat ATR/72-600 itu dilakukan usai uji coba lintasan dengan pesawat jenis kalibrasi Hawker 900 XP milik Kemenhub pada pekan lalu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Agustus 2020  |  20:26 WIB
Pesawat komersial jenis ATR/72-600 milik Wings Air usai mendarat di Bandara Toraja, Mangkengdek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (20/8/2020). - ANTARA/HO
Pesawat komersial jenis ATR/72-600 milik Wings Air usai mendarat di Bandara Toraja, Mangkengdek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (20/8/2020). - ANTARA/HO

Bisnis.com, MAKASSAR — Pesawat milik maskapai Wings Air, bagian Lion Air Group, menjadi pesawat komersial perdana, yang mendarat, di Bandara Toraja, Mangkengdek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (20/8/2020).

Pendaratan pesawat jenis ATR/72-600 itu dilakukan usai uji coba lintasan dengan pesawat jenis kalibrasi Hawker 900 XP milik Kementerian Perhubungan pada pekan lalu.

Pesawat komersial pertama yang melakukan pendaratan perdana itu diawaki Capt. Isana Noor Ardi, Capt. Petrus Dedi, beserta empat kru kabin dengan membawa penumpang 11 orang di antaranya Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara dan Manajer Area Wings Makassar Rony Paslah.

"Ada surat dari manajemen Wings Air [Lion Air Group] tentang pemberitahuan proving flight di Bandara Toraja," ujar Kepala Bandara Pongtiku Petrus Rentilinggi saat dikonfirmasi soal pendaratan perdana maskapai komersial tersebut.

Victor mengatakan bahwa selama perjalanan dari Bandara Hasanuddin, Makassar ke Bandara Toraja, Mangkengdek dilalui dengan aman.

"Kondisinya baik, pendaratan mulus dan waktu tempuh 45 menit," katanya.

Selanjutnya, dia menerangkan bahwa Bandara Toraja nantinya mulai beroperasi pada akhir Agustus mendatang.

"Penerbangan perdana akan dimulai tanggal 28 Agustus setiap hari Selasa, Rabu, Jumat, dan Minggu," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Selatan M. Nurdin Abdullah menuturkan dengan adanya bandara tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik ke Sulawesi Selatan khususnya Toraja.

"Harapan kami tentu dengan adanya bandara ini akan semakin meningkatkan kunjungan wisata ke Toraja, tidak lagi harus melalui darat dengan waktu tempuh 8—9 jam. Kita berharap [agar pemerintah] pusat memaksimalkan landasan pacu sejauh 2.600 meter," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wings air Tana Toraja
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top