Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Survei LIPI: Kelompok Rumah Tangga Mulai Bangkit, Konsumsi Nanti Dulu

Kendati mulai bangkit, rumah tangga usaha dan pekerja masih ragu meningkatkan konsumsi di masa pandemi.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 19 Agustus 2020  |  11:24 WIB
Sejumlah pedagang menunggu pembeli di Pasar Bandung Kimpling, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (2/5/2020). Pemerintah Kota Tegal menata para pedagang di lima pasar dengan menerapkan jaga jarak 1 meter antarpedagang sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. - ANTARA
Sejumlah pedagang menunggu pembeli di Pasar Bandung Kimpling, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (2/5/2020). Pemerintah Kota Tegal menata para pedagang di lima pasar dengan menerapkan jaga jarak 1 meter antarpedagang sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melihat rumah tangga usaha dan rumah tangga pekerja selama 6 ke depan mulai yakin untuk kembali bekerja dan berusaha.

Kendati demikian, kedua kelompok tersebut tampaknya masih ragu untuk meningkatkan konsumsinya seperti masa prapandemi.

Kepala Pusat Penelitian Ekonomi LIPI Agus Eko Nugroho mengatakan bahwa pandemi telah menurunkan ekspektasi konsumsi kedua kelompok tersebut.

Berdasarkan kajian baru yang dilakukan terhadap 2.258 rumah tangga, 1.548 di antaranya memenuhi pesyaratan kajian, Agus menyebut bahwa sebagian besar rumah tangga baik pekerja dan usaha tetap menjalankan aktivitas seperti biasa.

"Namun RT usaha terdampak lebih keras akibat krisis kesehatan dan kebijakannya," kata Agus dalam paparannya, Rabu (19/8/2020).

Agus menjelaskan 78 persen rumah tangga usaha yang disurvei tetap menjalankan usahanya. Sementara 48 persen tumah tangga pekerja juga masih tetap bekerja.

"Jadi mayoritas tetap bekerja dan berusaha," jelasnya.

Adapun, Agus menyebut seluruh kelas rumah tangga terdampak. Kelompok pekerja dengan kelas pendapatan kurang dari Rp3 juta merupakan kelompok yang paling terdampak.

"Semakin tinggi kelas, semakin rendah RT pekerja yang mengaku mengalami penurunan pendapatan," imbuhnya

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lipi konsumsi rumah tangga Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top