Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bantuan Kredit Modal Kerja UMKM Rp2,4 Juta Cair Bulan Ini

Pemerintah tengah mengidentifikasi 9 juta pelaku usaha sangat kecil untuk diberikan bantuan produktif sebesar sebesar Rp2,4 juta.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  11:19 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat mengikuti rapat kerja antara Komisi XI DPR RI dengan pemerintah di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (2/12/2019). Bisnis - Arief Hermawan P
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat mengikuti rapat kerja antara Komisi XI DPR RI dengan pemerintah di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (2/12/2019). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan segera meluncurkan program bantuan sosial (bansos) yang bersifat produktif kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam waktu dekat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan peluncuran program akan dilakukan secepat mungkin pada bulan ini atau tetap pada perayaan HUT Indonesia ke-75 pada 17 Agustus 2020.

"kita rencananya yang Rp2,4 juta ini dengan data yang ada yang sedang di-clean-kan akan diluncurkan pada Agustus ini, mungkin sesudah atau pada saat 17 Agustus nanti oleh Bapak Presiden atau menterinya," katanya dalam Webinar Gotong Royong Jaga UMKM Indonesia, Selasa (11/8/2020).

Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah tengah mengidentifikasi 9 juta pelaku usaha sangat kecil untuk diberikan bantuan produktif sebesar sebesar Rp2,4 juta. Pemerintah juga mengidentifikasi bantuan kredit Rp2 juta bagi pelaku usaha ultra mikro.

Meski demikian, dia menyampaikan hingga saat ini realisasi bantuan masih terkendala oleh masalah data. Pemerintah sedang melakukan proses pengumpulan data agar tidak terjadi tumpang tindih dalam realisasinya.

Dia menyampaikan, pemerintah akan melakukan cleansing data sehingga dana yang disalurkan untuk UMKM ini bisa seakirat mungkin.

"Kita akan lakukan secepat mungkin dan setepat mungkin dalam kendala yang ada saat ini," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm bansos
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top