Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kabar Pasar: Benahi Daya Tarik Pariwisata, 4 Bandara Jadi Kunci

Langkah konsolidasi yang dilakukan adalah rencana mengurangi jumlah bandara internasional di Indonesia dengan menerapkan konsep hub maupun superhub yang dijalankan oleh beberapa bandara.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 07 Agustus 2020  |  08:38 WIB
Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mencoba tempat cuci tangan yang disediakan di kawasan Pantai Parangtritis, Sabtu (13/6/2020).  - JIBI/Ujang Hasanudin
Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mencoba tempat cuci tangan yang disediakan di kawasan Pantai Parangtritis, Sabtu (13/6/2020). - JIBI/Ujang Hasanudin

Bisnis.com, JAKARTA - Sektor pariwisata mengalami pukulan telak akibat pandemi Covid-19 yang berlangsung di Indonesia sejak akhir kuartal I/2020. Pemerintah memandang hal itu sebagai momentum untuk melakukan konsolidasi dan transformasi pada sektor pariwisata dan transportasi. Isu perbaikan pariwisata menjadi sorotan harian Bisnis Indonesia edisi Senin (3/8/2020).

Berikut beberapa rincian isu-isu terkini seputar perekonomian Indonesia:

Benahi Daya Tarik Pariwisata. Langkah konsolidasi yang dilakukan adalah rencana mengurangi jumlah bandara internasional di Indonesia dengan menerapkan konsep hub maupun superhub yang dijalankan oleh beberapa bandara.

Para CEO di Pusaran Krisis. Berbicara di rapat pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway awal Mei 2020, investor kaya raya Warren Buffett mengatakan ‘dunia telah berubah karena virus corona’.

Penanganan Pandemi Jadi Kunci. Indeks Keyakinan Konsumen pada Juli 2020 dinilai masih berada pada level yang pesimistis meski terjadi
peningkatan dari bulan sebelumya. Kemunculan kasus baru positif Covid-19 yang terbilang tinggi dapat menjadi batu sandungan bagi penguatan keyakinan tersebut.

Ketidakpastian Masih Menghantui. Kinerja industri batu bara nasional kian tertekan karena ketidakpastian yang masih menghantui akibat
pandemi virus corona atau Covid-19.

Hati-Hati Risiko Pemulihan Turisme. Rencana Presiden Joko Widodo membangun bandara superhub internasional demi mengonsolidasikan industri pariwisata dan penerbangan berisiko kontraproduktif terhadap misi membangkitkan kejayaan sektor turisme nasional.

Industri Penopang Jadi Perhatian. Produktivitas industri pengolahan di Jawa Timur yang memberi daya dukung terhadap perekonomian menjadi perhatian khusus Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Selain menopang ekonomi, industri pengolahan diharapkan dapat mengungkit sektor UMKM.

4 Bandara Jadi Kunci Penataan. Presiden Joko Widodo menyatakan empat bandara utama bisa menjadi kunci penataan penerbangan dan pariwisata di Indonesia karena melayani 90% lalu lintas udara di Tanah Air.

Sanksi Tegas Pelanggar Protokol. Pemerintah berupaya sekuat tenaga menekan penyebaran virus corona dengan meningkatkan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Pemerintah daerah pun diminta menyusun regulasi dan menerapkan sanksi sesuai dengan kearifan lokal masing-masing daerah.

Pemerintah Bakal Batasi Pembebasan Pajak. Pemerintah tengah mengkaji pembatasan pembebasan pajak atau tax exemption dalam revisi undang-undang tentang pajak barang dan jasa. Apalagi, selama ini tax exemption menjadi penyebab tidak optimalnya penerimaan pajak pertambahan nilai.

Tak Ada Pilihan Bagi Pekerja Migran. Pandemi Covid-19 meluluhkan aktivitas ekonomi di seluruh penjuru dunia. Pekerja migran sebagai salah satu penopang ekonomi tak luput diterpa badai ketidakpastian. Selain ancaman kehilangan pekerjaan, risiko infeksi juga mengintai di permukiman yang
padat dengan aturan ketat untuk tetap di tempat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kabar pasar pariwisata bandara
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top