Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Husky-CNOOC Madura Limited Sosialisasikan Proses Tender di Masa Pandemi

HCML juga akan menggelar sosialisasi lanjutan untuk vendor di Jawa Timur.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 05 Agustus 2020  |  20:25 WIB
Platform migas lepas pantai. Istimewa - SKK Migas
Platform migas lepas pantai. Istimewa - SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA – Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) menggelar sosialisasi Vendor Day di Jakarta secara daring untuk menyiasati keterbatasan selama pandemi Covid-19.

Sosialisasi Vendor Day dilakukan pada 4 Agustus 2020—5 Agustus 2020 secara daring atau online. Hal ini berbeda dengan sosialisasi pada tahun lalu yang dilakukan secara fisik dengan tatap muka langsung bersama vendor-vendor. HCML juga akan menggelar sosialisasi lanjutan untuk vendor di Jawa Timur.

Pada hari pertama, Selasa (4/8/2020), sosialisasi diikuti oleh 134 orang dari 98 perusahaan vendor. Sosialisasi ini meliputi technical query process, tender process, health safety enviroment, dan Chartered Institute Of Personnel Development (CIPD). Sementara sosialisasi hari kedua akan meliputi masterlist, finance, material coach, dan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).

Rizal Kamal, Senior Manager SCM HCML menyatakan bahwa kegiatan ini digarapkan dapat memberikan penjelasan kepada para vendor tentang pelaksanaan tender dan procurement secara online yang akan dilakukan selama pandemi.

“Vendor Sosialisasi ini dilakukan secara online, dengan menggunakan aplikasi tatap muka jarak jauh. Vendor yang diundang ikut serta dalam acara ini sekitar 200 perusahaan yang terdaftar di CIVD,” kata Rizal melalui siaran pers, Rabu (5/8/2020).

Specialist Local Content Utilization Ozy Muhidin menambahkan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan persamaan persepsi kepada vendor agar tidak terjadi kesalahan prosedur dan persyaratan administrasi saat mengikuti lelang.

“Jadi kami memberikan pengetahuan mereka agar saat mengikuti joint tender bisa sama pengertiannya. Kami punya semacam aturan atau guideline untuk tender di masa pandemi ini,” katanya.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, para vendor harus memiliki Contractor Health, Environment and Safety Management (CHESM). Ozy menuturkan aturan ini merupakan aturan baru yang akan berlaku di semua Kontraktor Kontrak Kerja Sama (K3S).

CHESM ini diperuntukkan vendor yang khusus menangani skala menengah dan risiko tinggi. Jika tidak memiliki CHESM, vendor akan didiskualifikasi pada saat tender dilakukan. Dia menyarankan vendor membuat CHESM 20—30 hari sebelum proses tender.

Dia mengatakan Vendor Day ini diharapkan dapat memudahkan para vendor agar tidak mengalami hambatan yang memengaruhi produksi minyak dan gas nasional.

HCML adalah salah satu kontraktor kontrak kerjasama Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Perusahaan ini  mengerjakan eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas di selat Madura.

HCML memproduksi gas dan minyak kondensat di perairan Madura sejak 2017. Perusahaan HCML ini mengelola empat blok yang menjadi salah satu tulang punggung pemenuhan gas di Jawa Timur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kkks
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top