Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kargo Tech Luncurkan Fitur Akses Penawaran Hingga Pembayaran

CEO Kargo Tech Tiger Feng mengatakan Kargo Vendor menghadirkan platform aplikasi selular yang memudahkan para transporter untuk mendaftar, mendapat verifikasi, melihat informasi permintaan pengiriman, dan lainnya.
Ilustrasi - Aktivitas di sebuah pesawat kargo logistik./Bisnis-Istimewa
Ilustrasi - Aktivitas di sebuah pesawat kargo logistik./Bisnis-Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Platform daring penyedia layanan logistik, Kargo Tech melakukan pembaharuan agar pelaku jasa truk bisa mengakses fitur penawaran, manajemen pengiriman dan pembayaran cepat secara mudah melalui aplikasi.

CEO Kargo Tech Tiger Feng mengatakan sejak diluncurkan pada kuartal II/2019 aplikasi Kargo Vendor menghadirkan platform aplikasi selular yang memudahkan para transporter untuk mendaftar, mendapat verifikasi, melihat informasi permintaan pengiriman, melakukan penawaran dan menerima order serta mendapat bantuan pendanaan awal yang dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui satu platform.

Menurutnya, sistem tradisional yang ada sebelumnya dinilai sebagai tantangan bagi transporter dalam mendapatkan informasi permintaan pengiriman dan order ditambah tidak adanya transparansi dari sisi harga yang menyebabkan rumitnya negosiasi yang biasa dilakukan melalui telepon atau pesan WhatsApp.

Adanya pembaharuan ini, Kargo Tech juga akan menyesuaikan dengan Inpres No.5 Tahun 2020 mengenai peningkatan dan penataan ekosistem logistik di seluruh Indonesia

“Dari segi bisnis, update terbaru ini menghadirkan kemudahan untuk mengakses proses tawar-menawar untuk order pengiriman yang telah dioptimalisasi dan memperoleh pembayaran secara instan di depan,” jelasnya melalui keterangan resmi, Sabtu (1/8/2020).

Tiger menjelaskan hanya dengan mengklik tombol “Accept Now” di dalam aplikasi Kargo Vendor, pengguna dapat secara langsung menyetujui harga yang diposting oleh pengirim yang saat ini sudah ada ribuan yang bergabung di platform marketplace Kargo Tech menunggu Transporter yang tepat.

Setelah order pengiriman dikonfirmasi, para pengemudi mitra Transporter Kargo Tech dapat segera melakukan pengiriman didukung dengan aplikasi Mitra Kargo untuk bisa memonitor status dan lokasi pengiriman.

Terkait update di aplikasi Kargo Tech, respon dari para Transporter sangat positif. Para Transporters sangat mengapresiasi semua informasi yang bisa diakses melalui aplikasi secara mudah dan jelas sehingga mereka bisa mendapatkan informasi terkait order pengiriman kapan saja.

Transparansi harga dan kecepatan respon dari Kargo Tech terhadap proses penawaran juga menjadi nilai tambah bagi Transporter, memudahkan mereka dalam mendapatkan order baru dan meningkatkan pendapatan.

Setelah mendapatkan informasi penawaran harga dari pengirim, algoritma aplikasi Kargo Tech akan membantu dalam melakukan seleksi terhadap Transporter yang tepat. Fitur verifikasi truk Transporter digunakan untuk memastikan truk yang tersedia dan memudahkan Transporter terpilih untuk melampirkan dokumen legal yang diperlukan secara langsung di aplikasi sehingga dapat diverifikasi secara virtual.

Aplikasi Kargo Vendor, yang saat ini telah diunduh oleh lebih dari 10,000 pengguna juga memungkinkan para Transporter untuk mendapatkan pembayaran dimuka setelah melewati proses tawar menawar dan verifikasi melalui aplikasi.

Dengan mekanisme pembayaran pertama dilakukan setelah proses loading barang selesai dan dibayar lunas saat proses pengiriman barang selesai dan semua dokumen bukti pengiriman yang diperlukan telah dikonfirmasi oleh pengirim.

“Ini adalah terobosan besar di industri logistik dimana pembayaran biasanya dilakukan oleh pengirim dengan mekanisme 45 hari, 60 hari atau malah 90 hari setelah pengiriman,”tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper