Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Warna-warni Jembatan Gantung Padat Karya, Ini Gambar-gambarnya

Selain menjadi akses penghubung antardesa, jembatan gantung juga dapat menggerakkan potensi ekonomi perdesaan sebagai objek wisata.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 01 Agustus 2020  |  19:19 WIB
Jembatan gantung Kaligaleh pascapengecatan ulang melalui program padat karya tunai. - Kementerian PUPR
Jembatan gantung Kaligaleh pascapengecatan ulang melalui program padat karya tunai. - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKRTA — Banyak cara yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam menyalurkan dana pada program padat karya tunai di tengan pandemi Covid-19.

Salah satu kegiatan yang dilakukan Kementerian PUPR adalah pemeliharaan rutin jembatan menggunakan skema swadaya masyarakat seperti untuk pengecatan rangka jembatan, salah satunya jembatan gantung.

Selain menjadi akses penghubung antardesa, jembatan gantung juga dapat menggerakkan potensi ekonomi perdesaan sebagai objek wisata.

“Hadirnya jembatan ini akan mempermudah dan mempersingkat waktu perjalanan masyarakat perdesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja, menyelesaikan urusan administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antarwarga,” ujar Menteri Basuki beberapa waktu lalu seperti dikutip dari laman Instagram Kementerian PUPR.

Kehadiran jembatan gantung sangat dibutuhkan masyarakat karena kondisi geografis Indonesia yang memiliki banyak gunung, lembah, dan sungai. Kondisi ini kerap menjadi pemisah antara tempat tinggal dan fasilitas publik seperti sekolah, pasar, dan kantor pemerintah.

Tahun ini, Kementerian PUPR akan membangun 38 jembatan gantung. Beberapa jembatan gantung di wilayah Magelang, Jawa Tengah yang telah selesai dilakukan pengecatan antara lain, Jembatan Gantung Kaligaleh, Jembatan Gantung Mangunsoka, dan Jembatan Gantung Soropadan.

Selain sangat bermanfaat, jembatan gantung yang sudah dicat menjadi lebih cantik. Ingat ya, fungsi jembatan sebagai sarana penyeberangan. Ingat, Jangan sekali-kali Anda berswafoto di badan jembatan! Sangat berbahaya!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

padat karya jembatan gantung
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top