Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelang Iduladha, Penumpang Kereta Api Naik 11 Persen

KAI mencatat adanya kenaikan jumlah penumpang kereta api menjelang libur Iduladha yang mencapai 48.295 pelanggan KA Jarak Jauh.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 29 Juli 2020  |  12:28 WIB
Penumpang kereta api Tawang Jaya Lebaran tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (8/6/2019). Pada H3 Lebaran 2019, arus balik pemudik yang tiba di Stasiun Pasar Senen mulai mengalami peningkatan. - ANTARA FOTO/Reno Esnir
Penumpang kereta api Tawang Jaya Lebaran tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (8/6/2019). Pada H3 Lebaran 2019, arus balik pemudik yang tiba di Stasiun Pasar Senen mulai mengalami peningkatan. - ANTARA FOTO/Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mulai mencatat adanya kenaikan jumlah penumpang untuk kereta api (KA) Jarak Jauh menjelang Iduladha hingga 11 persen.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan sebagai gambaran penaikan jelang Iduladha nampak dari jumlah penumpang pada periode 20 Juli hingga 26 Juli KAI yang telah mencapai 48.295 pelanggan KA Jarak Jauh.

“Jumlah ini mengalami kenaikan hingga 11 persen dibandingkan dengan pada pekan sebelumnya yaitu sebanyak 43.368 penumpang,” jelasnya, Rabu (29/7/2020).

KAI, lanjutnya juga telah mengupayakan sejumlah kemudahan bagi penumpang KA Jauh. Contohnya, dengan menyelenggarakan rapid test atau tes cepat yang harganya lebih terjangkau di 12 stasiun bersama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI).

Adapun, pada tahap awal layanan ini telah dilakukan di Stasiun Pasar Senen mulai Senin (29/7/2020). Selain itu juga mengadakan promo tiket hingga 25 persen untuk berbagai KA ke berbagai relasi, mengadakan undian voucer tiket KA untuk penumpang KA yang beruntung hingga menambah perjalanan KA Jarak Jauh seperti Argo Bromo Anggrek dan Argo Lawu.

Selain itu operator kereta tersebut juga mencatat jelang Iduladha permintaan layanan antar untuk logistik meningkat sebesar 15 persen melalui layanan Rail Express. Hal tersebut dikarenakan tarifnya yang lebih murah dan sudah menjangkau sebanyak 60 stasiun di Pulau Jawa.

“Iya selama menjelang Iduladha ini berbagai macam bisa dari barang yang sifatnya hantaran paket. Kemudian juga kebutuhan pokok misalnya telur kemudian juga buah-buahan dari akumulasi dari semua itu sekitar 15 persen,” katanya.

Joni menjelaskan KAI juga sebetulnya menyediakan angkutan hewan tetapi tingkat permintaannya tidak begitu tinggi dan saat ini lebih banyak melayani untuk kebutuhan logistik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai iduladha kereta api
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top